Penerapan Pembelajaran Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 2 Kefamenanu Tahun Ajaran 2017/2018

  • Marselus A. Akoit Universitas Timor
  • Fincensius Oetpah Universitas Timor
  • Blasius Atini Universitas Timor
Keywords: Aktivitas dan Hasil Belajar; Cooperative Script

Abstract

Keberhasilan pembelajaran disekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model cooperative script dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang berlangsung selama dua siklus dengan tahapan-tahapan pelaksanaanya adalah perencanaan, tindakan, pegamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelasVIIIE, yang berjumlah 19 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tentang situasi belajar pada saat dilaksanakan tindakan yang diperoleh dengan lembar observasi siswa, dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dengan memberi teske pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan kelas mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 52, 63% dan pada siklus II menjadi 100%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa Cooperative script efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelasVIIIE SMP Negeri 2 Kefamenanu. Dari simpulan tersebut peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran biologi agar memilih Cooperative Script dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Published
2018-12-31