Analisis Keinginan Membayar Wisatawan Terhadap Objek Wisata Pantai Tanjung Bastian

  • Marce Sherly Kase
  • Paulina Rosna Dewi Redjo Universitas Timor
  • Natalia lily Babulu Universitas Timor
Keywords: Analisis Keinginan Membayar, Wisatawan, Pantai Tanjung Bastian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar nilai kesediaan membayar wisatawan terhadap objek wisata Pantai Tanjung Bastian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 6.093 orang dan sampel penelitian sebanyak 45 orang yang diambil secara pengambilan sampel dalam penelitian ini secara non-probability sampling dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keinginan membayar wisatawan pada objek wisata pantai Tanjung Bastian sebesar Rp. 338.770.800 selama tahun 2019.  

References

Damanik,J & Weber, H.F. 2006. Perencanaan Ekowisata : Dari Teori ke Aplikasi. Andi. Yogyakarta
Fauzi, A. (2004). Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan: Teori dan Aplikasi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Gultom, T. 2012. Valuasi Ekonomi Wisata Rindu Sempadan di Kecamatan Minas Kabupaten Siak Dengan Pendekatan Travel cost. Skripsi.Fakultas Ekonomi. Universitas Riau. Pekanbaru
Herminto, F. (2015). Analisis Permintaan Objek Wisata Sungai Hijau Di Kabupaten Kampar dengan Metode Biaya Perjalanan. Jom FEKON, 2 (1), 1-15.
Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhallindo. Jakarta.
Susilowati, I & Salma, I.A. (2004). Analisis Permintaan Objek Wisata Alam Curug Sewu, Kabupaten Kendal Dengan Pendekatan Travel Cost. Dinamika Pembangunan, 1(2), 153-165
Suparmoko, M. 2006. Panduan dan Analisis Valuasi Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan: Konsep,Metode Perhitungan dan Aplikasi. BPFE. Yogyakarta.
Published
2021-12-01