Pengelolaan Unit Usaha Pengkreditan Pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Hidup Bersama Di Desa Sangadeto Kabupaten Ngada

Pengelolaan Bumdes

  • Emiliana Martuti Lawalu Ekonomi Pembangunan
  • Daniel Taolin
  • Yohanes Don Bosco Roja
Keywords: Pengelolaan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat program 5 program yang direncanakan yakni Usaha penyewaan, usaha wisata, usaha jasa, usaha perdagangan dan usaha keuangan (perkreditaan). Dari 5  program usaha yang ada baru dua program usaha yang dijalankan yakni: Usaha Perdagangan (unit usaha perkebunan pisang) dan Unit Usaha Keuangan (pengkreditan). Sedangkan untuk program usaha penyewaan, program usaha wisata dan program usaha jasa belum dapat dilaksanakan.

Khusus untuk program keuangan pengkreditan telah  dilaksanakan berjalan baik dan tidak terjadi penyimpangan dalam penyaluran pinjaman (kredit) kepada masyarakat. Pada tahap Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengawasan  pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Hidup Bersama sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan.

Saran dalam penelitian ini adalah: 1) Diharapkan kepada pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Hidup Bersama agar terus mengembangkan unit usaha pengkreditan dan membuat program-program lainnya dengan memaksimalkan potensi desa yang tersedia saat ini. 2) Perlu melakukan sosialisasi secara kontinyu kepada masyarakat mengenai program yang dilakukan BUMDes Hidup Bersama yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. 3) Pengelolaan sudah berjalan dengan baik dan tetap dipertahankan demi kesejahteraan masyarakat. 4) Perlu adanya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Pengurus BUMDes Hidup Bersama.

Published
2022-09-03