PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA “KUBUS-KUBUS SATUAN” UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran seperti alat peraga matematika sangat berperan dalam memahamkan konsep matematika siswa sekolah dasar. Pembelajaran menggunakan alat peraga matematika juga memberikan kesempatan siswa untuk mengekresikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Namun guru sekolah dasar masih kesulitan menggunakan alat peraga matematika, khususnya “kubus-kubus satuan” dalam pembelajaran matematika. Untuk mewujudkan pembelajaran matematika yang menyenangkan, maka salah satu cara adalah melalui pengabdian penggunaan alat peraga matematika agar guru mampu menggunakan alat peraga matematika kubus-kubus satuan dalam pembelajaran matematika. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan alat peraga “kubus-kubus satuan” dalam pembelajaran di kelas. Pengabdian ini dilaksanakan pada guru mitra Sekolah dasar negeri di Kabupaten Timor tengah Utara. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Metode Pelatihan dan Pendampingan. Metode pelatihan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting, kemudian metode Pendampingan dilakukan secara offline kepada dua guru mitra dengan menerapkan protokol kesehatan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa keterampilan guru mitra dalam menggunakan alat peraga matematika kubus-kubus satuan dalam mengajar di kelas. Hal ini dapat dilihat dari pekerjaan guru pada saat pretest mencapai 63,6% dan pada posttest mencapai 80%.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor.
Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.
References
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Deda, Y. N. & Disnawati, H. (2020). Workshop Media Alat Peraga Matematika “Luas Bangun Datar” untuk Meningkatkan Kreatifitas Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Ethos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1); 67 -72.
Deda, Y. N. & Disnawati, H. (2019). Workshop Media Animasi untuk Meningkatkan Kreativitas Guru di Kelurahan Kefamenanu Tengah. Ethos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1); 70-76.
Dominikus, W., Nenohai, J., Samo, D., & Udil, P. (2021). Pelatihan Pengembangan Alat Peraga Bangun Datar Bagi Guru-Guru SDK St. Arnoldus Penfui-Kupang. Bakti Cendana, 4(1), 37-43. https://doi.org/10.32938/bc.4.1.2021.37-43
Hiedayat, S. W., & Sulistyowati. (2010). Pengembangan Komputer Pembelajaran (CAI) tentang Gerak Lurus Berubah Beraturan pada Mata Pelajaran Fisika bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, 10 (1): 86-99.
https://KBBI.web.id/media. Diakses tanggal 26 Februari 2020.
Kristanto, A. (2010). Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Multimedia Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Sistem Tata Surya bagi Siswa Kelas 2 Semester I di SMAN 22 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya 10 (2): 1225.
Mauluah, L. (2012). Permainan dan alat peraga pada pembelajaran matematika tingkat SD/MI. Al-bidayah, 4(2):173-191.
Nurmeidina, R., & Ariyanti, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal PADI – Pengabdian mAsyarakat Dosen Indonesia, 2(1): 6-12.
Sobri & Khaeroni (2016) . Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Matematika. PRIMARY,8(2):185-204.
Suandi. (2018). Peningkatkan Kemampuan Guru SD Dalam Menggunakan Alat Peraga Matematika Melalui Kegiatan Workshop. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 4(1): 87-98.