Pelatihan Penggunaan Google Sites Berbasis Literasi Sains dan Keterampilan Proses Sains Bagi Guru-Guru SDI ASSALAM JADIID

Authors

  • Prima Mutia Sari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Husnin Nahry Yarza Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32938/bc.8.1.2025.1-8

Keywords:

Google Sites, Literasi Sains, Keterampilan Proses Sains, Sekolah Dasar

Abstract

Perkembangan era digital menuntut guru untuk mampu mengintergrasikan teknologi dalam kegiatan pembelajaran seperti dengan penggunaan Google Sites. Literasi sains dan keterampilan proses sains juga dibutuhkan dalam pembelajaran abad 21. Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah Pelatihan Penggunaan Google Sites berbasis literasi sains dan keterampilan proses sains bagi guru-guru SDI ASSALAM JADIID. Sasaran dari kegiatan ini adalah 10 orang guru yang merupakan mitra pengabdian. Kegiatan terdiri dari tiga tahap yaitu 1) Pemaparan materi keterampilan proses sains, 2) Pemaparan materi tentang literasi sains, 3) Pemaparan materi dan praktek penggunaan Google Sites. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data menggunakan rata-rata respon peserta. Respon peserta menunjukkan hasil yang positif dimana para guru mendapatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan produk dalam pelatihan penggunaan Google Sites berbasis literasi sains dan keterampilan proses sains. Kendala dalam kegiatan ini terkait dengan keterbatasan waktu pelaksanaan.

References

Haryanti, J. (2020). Desain dan Uji Coba E-Handout Berbasis Literasi Sains Siswa Pada Materi Laju Reaksi. (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.11030

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34-42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612

Rustaman, Nuryani Y, Soendjojo D, Suroso A Y, Yusnani A, Ruchji S, Diana R and Mimin N K 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi (Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI)

Sari, Prima Mutia, et al. (2018). Correlation Among Science Process Skill, Concept Comprehension, And Scientific Attitude On Regulation System Materials. Journal of Physics: Conference Series, 948.

https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012008

Sari, P. M, & Zulfadewina. (2018). Profile of Science Process Skill Mastery from Pre-service Elementary School Teacher. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 65-72. https://doi.org/10.1021/acs.cgd.5b00135.

https://doi.org/10.1021/acs.cgd.5b00135

Taufik, M., Sahidu, H., & Jurusan Pendidikan Fisika, H. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Web Kepada Guru IPA SMP Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 77-81.

https://doi.org/10.29303/jppm.v1i1.490

Maharani, Y. P & Prima Mutia Sari. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas III SD. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 12(2), 1-14.

https://doi.org/10.22373/pjp.v12i2.19055

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Sari, P. M., & Nahry Yarza, H. (2025). Pelatihan Penggunaan Google Sites Berbasis Literasi Sains dan Keterampilan Proses Sains Bagi Guru-Guru SDI ASSALAM JADIID. Bakti Cendana, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.32938/bc.8.1.2025.1-8

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.