Socialisation Builds learning Independence Through Utilization E-Book for MA Miftahul Ulum Sungai Asam Students
DOI:
https://doi.org/10.32938/bc.8.2.2025.130-142Keywords:
Kemandirian Belajar, Sumber Belajar, E-BookAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan terkait sumber belajar buku elektronik yang dapat dimanfaatkan peserta didik sebagai sumber belajar mandiri guna mengatasi kebutuhan peserta didik dalam mendapatkan sumber belajar yang relevan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sungai Asam pada tanggal 4 Juni 2022. Kegiatan pengabdian ini telah melalui tahapan yaitu tahap identifikasi masalah,perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Metode yang dipilih berupa sosialisasi berupa ceramah dan tutorial dalam pemanfaatan e-book oleh pelaksana dan asisten pelaksana. Masyarakat yang menjadi sasarannya yakni seluruh siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sungai Asam yang berjumlah 19 siswa. Hasil dari kegiatan ini menunjukan bahwa peserta didik mendapatkan pengetahuan baru terkait sumber belajar elektronik berupa e-book yang terdapat pada google book, portal resmi dari Kementerian Agama, dan portal resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Siswa dapat menelusuri e-book yang tersedia pada portal tersebut secara mandiri untuk mendukung proses pembelajaran. Melalui kegiatan ini, jumlah siswa yang terampil dalam pemanfaatan e-book mengalami peningkatan persentase.
References
Afifah, R., & Mulyani, P. K. (2022). E-Book Sebagai Inovasi dalam Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pendidikan Berbasis Teknologi di Era Digital Pasca Pandemi COVID-19. Journal of Learning and Technology, 1(2), 73-78. https://doi.org/10.33830/jlt.v1i2.4178
https://doi.org/10.33830/jlt.v1i2.4178
Andrianingsih, R., & Mustika, D. (2022). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Siswa di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6164-6172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3388
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3388
Anwar Us, K., & Mahdayeni, M. (2019). Penggunan E-Learning, E-Book, E-Journal dan Sistem Informasi Pendidikan Islam di Universitas Sriwijaya Palembang. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 19(1), 43-64. https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.81
https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.81
Bahrun, SitiNaila, & Fauzia, S. N. (2021). Jawab Analisis Penerapan Metode Tanya Jawab dalam Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 6(1), 11-20.
Br Ginting, Y. F., & Simamora, H. (2022). Penggunaan E-Book Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(01), 36-39. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i01.1774
https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i01.1774
Dewi, A. A. D., Bekti, R. P., Astarina, M. D., & Mudhita, I. K. (2024). Edukasi Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Pandemi Covid-19 Kepada Masyarakat Desa Tanjung Terantang Kabupaten Kotawaringin Barat. Bakti Cendana, 7(1), 1-8. https://doi.org/10.32938/bc.7.1.2024.1-8
https://doi.org/10.32938/bc.7.1.2024.1-8
Elain, B., Johnson. (2002). Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press.
Fahrizandi, F. (2019). Mengenal E-Book Di Perpustakaan. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 141-157. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.141-157
https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.141-157
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466-476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735
https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735
Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). Pelaksanaan Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 142. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i1.7218
https://doi.org/10.25157/literasi.v6i1.7218
Inah Indakasih, R. (2023). Analisis Google Book: Model Layanan Perpustakaan Digital Era 5.0. Hybrid International Conference on Library and Information Science; Special Issue of Conference Papers, 4, 207-200.
Maishara, F., Maimun, M., Saiful, S., & Hayati, E. (2023). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa di SMA Negeri 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya-Aceh. Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 43-52. https://doi.org/10.56393/lucerna.v3i2.1299
https://doi.org/10.56393/lucerna.v3i2.1299
Munif, A. (2013). E.Book dan Buku Teks. Jakarta: Pustaka Setia.
Nani, P. A., Amaral, M. A. L., Boelan, E. G., Sinlae, A. A. J., & Ketmoen, A. (2023). Pelatihan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk Badan Usaha Milik Desa. Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 77-84. https://doi.org/10.32938/bc.6.1.2023.77-84
Nasution, A. R. S. (2021). Identifikasi Permasalahan Penelitian. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 13-19. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.21
https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.21
Novibriawan, F. (2023). Literature Review: E-Learning Sebagai Sumber dan Media Belajar dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal of Science and Education Research, 2(2), 31-37. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.38
https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.38
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-353.
https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Perdana, G. A., Sazili, S., & Ayuni, R. (2023). Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kaur. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 2(4). https://doi.org/10.37676/mude.v2i4.5082
https://doi.org/10.37676/mude.v2i4.5082
Prajawinanti, A., & Khoirunnisa, N. (2023). Analisis Pemanfaatan E-book Sebagai Bahan Penunjang Pembelajaran Oleh Pengguna Perpustakaan SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. THE LIGHT : Journal of Librarianship and Information Science, 3(1), 11-21. https://doi.org/10.20414/light.v3i1.6251
https://doi.org/10.20414/light.v3i1.6251
Purnomo, A. H., Nasution, D. R., Annisa, R. M., & Syaroh, M. (2022). Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2235-2241. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5056
Senge, W. (2023). Pemanfaatan Smartphone sebagai Media Pembelajaran Mandiri pada Anak di Kabupaten Kupang. PENSOS : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.59098/pensos.v1i1.942
https://doi.org/10.59098/pensos.v1i1.942
Siregar, A. J., Susanti, N., Ramadhoniarti, I., Komalasari, A. K., & Fatimah, G. R. N. (2022). Pengaruh Kecakapan Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 16(1), 29-39. https://doi.org/10.30863/didaktika.v16i1.2710
https://doi.org/10.30863/didaktika.v16i1.2710
Sonia, S., & Yuliani, Y. (2023). Keefektifan Penggunaan E-Book Interaktif Enzim sebagai Bahan Ajar untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 113-124. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p113-124
https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p113-124
Suciawati, H., Rakiyah, S., & Sari, N. (2022). Sosialisasi Membudayakan Literasi Digital Buku Digital Pada Siswa SMP Suci Murni. Rambate : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 300-305.
Tambunan, L. R., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2020). Implementasi E-book Berbasis Smartphone pada Materi Polinomial di Kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 2(2), 91-98. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521
https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521
Ulfa, S., & Rahmawati, S. (2024). Menentukan Sumber Belajar dan Media Pengembangan Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5813-5821. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13215
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13215
Wardaya, A., Budi Kurniawan, N., & Hadumaon Siagian, T. (2022). Pengaruh Kemampuan Teknologi Digital Terhadap Prestasi Siswa SMA di JABODETABEK. Improvement: Jurnal Ilmiah untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.21009/improvement.v9i1.27465
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bakti Cendana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.








