Socialisation Builds learning Independence Through Utilization E-Book for MA Miftahul Ulum Sungai Asam Students

Authors

  • Sahidi Sahidi FKIP Universitas Tanjungpura
  • Atiqa Nur Latifa Hanum Univeristas Tanjungpura
  • Amriani Amir Univeristas Tanjungpura
  • Sisilya Saman Univeristas Tanjungpura
  • Kurniawan Kurniawan Univeristas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.32938/bc.8.2.2025.130-142

Keywords:

Kemandirian Belajar, Sumber Belajar, E-Book

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan terkait sumber belajar buku elektronik yang dapat dimanfaatkan peserta didik sebagai sumber belajar mandiri guna mengatasi kebutuhan peserta didik dalam mendapatkan sumber belajar yang relevan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sungai Asam pada tanggal 4 Juni 2022. Kegiatan pengabdian ini telah melalui tahapan yaitu tahap identifikasi masalah,perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Metode yang dipilih berupa sosialisasi berupa ceramah dan tutorial dalam pemanfaatan e-book oleh pelaksana dan asisten pelaksana. Masyarakat yang menjadi sasarannya yakni seluruh siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sungai Asam yang berjumlah 19 siswa.  Hasil dari kegiatan ini menunjukan bahwa peserta didik mendapatkan pengetahuan baru terkait sumber belajar elektronik berupa e-book yang terdapat pada google book, portal resmi dari Kementerian Agama, dan portal resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Siswa dapat menelusuri e-book yang tersedia pada portal tersebut secara mandiri untuk mendukung proses pembelajaran. Melalui kegiatan ini, jumlah siswa yang terampil dalam pemanfaatan e-book mengalami peningkatan persentase.

References

Afifah, R., & Mulyani, P. K. (2022). E-Book Sebagai Inovasi dalam Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pendidikan Berbasis Teknologi di Era Digital Pasca Pandemi COVID-19. Journal of Learning and Technology, 1(2), 73-78. https://doi.org/10.33830/jlt.v1i2.4178

https://doi.org/10.33830/jlt.v1i2.4178

Andrianingsih, R., & Mustika, D. (2022). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Siswa di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6164-6172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3388

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3388

Anwar Us, K., & Mahdayeni, M. (2019). Penggunan E-Learning, E-Book, E-Journal dan Sistem Informasi Pendidikan Islam di Universitas Sriwijaya Palembang. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 19(1), 43-64. https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.81

https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.81

Bahrun, SitiNaila, & Fauzia, S. N. (2021). Jawab Analisis Penerapan Metode Tanya Jawab dalam Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 6(1), 11-20.

Br Ginting, Y. F., & Simamora, H. (2022). Penggunaan E-Book Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(01), 36-39. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i01.1774

https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i01.1774

Dewi, A. A. D., Bekti, R. P., Astarina, M. D., & Mudhita, I. K. (2024). Edukasi Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Pandemi Covid-19 Kepada Masyarakat Desa Tanjung Terantang Kabupaten Kotawaringin Barat. Bakti Cendana, 7(1), 1-8. https://doi.org/10.32938/bc.7.1.2024.1-8

https://doi.org/10.32938/bc.7.1.2024.1-8

Elain, B., Johnson. (2002). Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press.

Fahrizandi, F. (2019). Mengenal E-Book Di Perpustakaan. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 141-157. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.141-157

https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.141-157

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466-476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735

Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). Pelaksanaan Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 142. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i1.7218

https://doi.org/10.25157/literasi.v6i1.7218

Inah Indakasih, R. (2023). Analisis Google Book: Model Layanan Perpustakaan Digital Era 5.0. Hybrid International Conference on Library and Information Science; Special Issue of Conference Papers, 4, 207-200.

Maishara, F., Maimun, M., Saiful, S., & Hayati, E. (2023). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa di SMA Negeri 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya-Aceh. Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 43-52. https://doi.org/10.56393/lucerna.v3i2.1299

https://doi.org/10.56393/lucerna.v3i2.1299

Munif, A. (2013). E.Book dan Buku Teks. Jakarta: Pustaka Setia.

Nani, P. A., Amaral, M. A. L., Boelan, E. G., Sinlae, A. A. J., & Ketmoen, A. (2023). Pelatihan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk Badan Usaha Milik Desa. Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 77-84. https://doi.org/10.32938/bc.6.1.2023.77-84

Nasution, A. R. S. (2021). Identifikasi Permasalahan Penelitian. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 13-19. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.21

https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.21

Novibriawan, F. (2023). Literature Review: E-Learning Sebagai Sumber dan Media Belajar dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal of Science and Education Research, 2(2), 31-37. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.38

https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.38

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-353.

https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Perdana, G. A., Sazili, S., & Ayuni, R. (2023). Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kaur. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 2(4). https://doi.org/10.37676/mude.v2i4.5082

https://doi.org/10.37676/mude.v2i4.5082

Prajawinanti, A., & Khoirunnisa, N. (2023). Analisis Pemanfaatan E-book Sebagai Bahan Penunjang Pembelajaran Oleh Pengguna Perpustakaan SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. THE LIGHT : Journal of Librarianship and Information Science, 3(1), 11-21. https://doi.org/10.20414/light.v3i1.6251

https://doi.org/10.20414/light.v3i1.6251

Purnomo, A. H., Nasution, D. R., Annisa, R. M., & Syaroh, M. (2022). Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2235-2241. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5056

Senge, W. (2023). Pemanfaatan Smartphone sebagai Media Pembelajaran Mandiri pada Anak di Kabupaten Kupang. PENSOS : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.59098/pensos.v1i1.942

https://doi.org/10.59098/pensos.v1i1.942

Siregar, A. J., Susanti, N., Ramadhoniarti, I., Komalasari, A. K., & Fatimah, G. R. N. (2022). Pengaruh Kecakapan Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 16(1), 29-39. https://doi.org/10.30863/didaktika.v16i1.2710

https://doi.org/10.30863/didaktika.v16i1.2710

Sonia, S., & Yuliani, Y. (2023). Keefektifan Penggunaan E-Book Interaktif Enzim sebagai Bahan Ajar untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 113-124. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p113-124

https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p113-124

Suciawati, H., Rakiyah, S., & Sari, N. (2022). Sosialisasi Membudayakan Literasi Digital Buku Digital Pada Siswa SMP Suci Murni. Rambate : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 300-305.

Tambunan, L. R., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2020). Implementasi E-book Berbasis Smartphone pada Materi Polinomial di Kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 2(2), 91-98. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521

https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521

Ulfa, S., & Rahmawati, S. (2024). Menentukan Sumber Belajar dan Media Pengembangan Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5813-5821. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13215

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13215

Wardaya, A., Budi Kurniawan, N., & Hadumaon Siagian, T. (2022). Pengaruh Kemampuan Teknologi Digital Terhadap Prestasi Siswa SMA di JABODETABEK. Improvement: Jurnal Ilmiah untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.21009/improvement.v9i1.27465

https://doi.org/10.21009/improvement.v9i1.27465

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Sahidi, S., Hanum , A. N. L., Amir , A., Saman , S., & Kurniawan, K. (2025). Socialisation Builds learning Independence Through Utilization E-Book for MA Miftahul Ulum Sungai Asam Students. Bakti Cendana, 8(2), 130–142. https://doi.org/10.32938/bc.8.2.2025.130-142

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.