Program Mengajar Generasi Emas (Gemas): Edukasi Holistik untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Krishandini IPB University
  • Theodore Hesed Roger IPB University
  • Muhamad Fawaz Zidan IPB University
  • Auliyah Perfekta IPB University
  • Sri Hadiyanti IPB University
  • Nisa Alya Fadhila IPB University
  • Ardy Armando Padang IPB University
  • Brilianda Adyasari IPB University
  • Desti Wulandari IPB University

DOI:

https://doi.org/10.32938/bc.8.2.2025.219-225

Keywords:

edukasi holistik, edukasi informal, generasi emas, sekolah dasar, gawai

Abstract

Program Mengajar Generasi Emas (GEMAS) dirancang untuk memberikan edukasi holistik kepada siswa-siswi di SD Negeri 2 Jatipurno, dengan fokus pada materi yang tidak hanya akademik tetapi juga praktis dan budaya. Tujuan dari program ini untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang berbagai topik, termasuk permainan tradisional, budaya Indonesia, pedoman gizi seimbang, mitigasi bencana, dan pohon cita-cita. Program ini juga bertujuan mengurangi ketergantungan anak-anak pada gawai. Metode yang digunakan mencakup presentasi interaktif, penggunaan alat bantu visual, seperti proyektor dan perangkat lunak digital, serta kegiatan praktik, seperti membuat es krim. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dalam berbagai topik yang diajarkan, dengan mayoritas siswa mencapai tingkat pemahaman "Paham" dan "Sangat Paham". Program ini berhasil memberikan wawasan baru yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka.

References

Achmad Nur Sutikno. (2020). Bonus Demografi Di Indonesia. Visioner : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 12(2), 421-439. https://doi.org/10.54783/jv.v12i2.285

https://doi.org/10.54783/jv.v12i2.285

Anita, A., & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus terhadap Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1-12. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2509

https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2509

Ardhyantama, V., & Wardani, R. P. (2022). Kecanduan Gawai sebagai Implikasi Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 97-108. https://doi.org/https://doi.org/10.24929/alpen.v5i2.100

https://doi.org/10.24929/alpen.v5i2.100

Bogor, P. K. (2025). Perpustakaan Kota Bogor. https://perpustakaankotabogor.org/2025/02/layanan-berbasis-internet-perpustakaan-bogor/?utm_source=chatgpt.com

Chaidirman, C., Indriastuti, D., & Narmi, N. (2019). Fenomena Kecanduan Penggunaan Gawai (Gadget) pada Kalangan Remaja Suku Bajo. Holistic Nursing and Health Science, 2(2), 33-41. https://doi.org/10.14710/hnhs.2.2.2019.33-41

https://doi.org/10.14710/hnhs.2.2.2019.33-41

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59-65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Hidayat, A. (2017). Kesenjangan Sosial. Jurnal Justisi Hukum, 2(1), 15-25. https://core.ac.uk/download/pdf/322468389.pdf

https://doi.org/10.36805/jjih.v2i1.400

Kusuma, J. W., Hamidah, H., Umalihayati, U., & Rini, P. P. (2024). Mengurai Benang Kusut Kebijakan Pendidikan Indonesia: Sebuah Literature Review Analitik. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(2), 1810-1826. https://doi.org/10.55681/jige.v5i2.2772

https://doi.org/10.55681/jige.v5i2.2772

Permatasari, M., Hubi, Z. B., Mulyani, H., Insani, N. N., & Bribin, M. L. (2024). Membangun Karakter Warga Negara Digital dan Pendidikan Hukum Global Menuju Indonesia Emas 2045. Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 4(2), 46-56. https://doi.org/10.56393/nomos.v4i1.2099

https://doi.org/10.56393/nomos.v4i1.2099

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030

Putra, G. A., & Nuryono, W. (2022). Fenomena Penyebab Kecanduan Game Online pada Siswa. Jurnal BK Unesa, 12(3), 983-989.

Rachmat, I. F., Hartati, S., & Erdawati. (2021). Pengaruh Kecanduan Gawai terhadap Disregulasi Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon., 8(2), 33-45. https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jjb.v8i2.1726

https://doi.org/10.32534/jjb.v8i2.1726

Rizkyta, N. A., Zirhannudin, M., Fuadah, N. T., & Jayanti, M. D. (2024). Pelatihan Pembuatan dan Media Pembelajaran Ular Tangga Matematika Logika pada Komunitas Gemapedia. Abdine : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 188-196. https://doi.org/https://doi.org/10.52072/abdine.v4i2.950

https://doi.org/10.52072/abdine.v4i2.950

Syaadah, R., Ary, M., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Nonformal, dan Pendidikan Informal. PEMA (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2, 125-131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Umma, N. L. (2019). Perubahan Perilaku Remaja Pasca Berdirinya Warung Kopi Wifi (Studi Kasus Kecanduan Gawai di Dusun Kanigoro Desa Keboharan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo). In Undergraduate thesis. https://digilib.uinsa.ac.id/29336/

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Krishandini, Hesed Roger, T., Fawaz Zidan, M., Perfekta, A., Hadiyanti, S., Alya Fadhila, N., … Wulandari, D. (2025). Program Mengajar Generasi Emas (Gemas): Edukasi Holistik untuk Siswa Sekolah Dasar. Bakti Cendana, 8(2), 219–225. https://doi.org/10.32938/bc.8.2.2025.219-225