Program Mengajar Generasi Emas (Gemas): Edukasi Holistik untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32938/bc.8.2.2025.219-225Keywords:
edukasi holistik, edukasi informal, generasi emas, sekolah dasar, gawaiAbstract
Program Mengajar Generasi Emas (GEMAS) dirancang untuk memberikan edukasi holistik kepada siswa-siswi di SD Negeri 2 Jatipurno, dengan fokus pada materi yang tidak hanya akademik tetapi juga praktis dan budaya. Tujuan dari program ini untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang berbagai topik, termasuk permainan tradisional, budaya Indonesia, pedoman gizi seimbang, mitigasi bencana, dan pohon cita-cita. Program ini juga bertujuan mengurangi ketergantungan anak-anak pada gawai. Metode yang digunakan mencakup presentasi interaktif, penggunaan alat bantu visual, seperti proyektor dan perangkat lunak digital, serta kegiatan praktik, seperti membuat es krim. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dalam berbagai topik yang diajarkan, dengan mayoritas siswa mencapai tingkat pemahaman "Paham" dan "Sangat Paham". Program ini berhasil memberikan wawasan baru yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka.
References
Achmad Nur Sutikno. (2020). Bonus Demografi Di Indonesia. Visioner : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 12(2), 421-439. https://doi.org/10.54783/jv.v12i2.285
https://doi.org/10.54783/jv.v12i2.285
Anita, A., & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus terhadap Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1-12. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2509
https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2509
Ardhyantama, V., & Wardani, R. P. (2022). Kecanduan Gawai sebagai Implikasi Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 97-108. https://doi.org/https://doi.org/10.24929/alpen.v5i2.100
https://doi.org/10.24929/alpen.v5i2.100
Bogor, P. K. (2025). Perpustakaan Kota Bogor. https://perpustakaankotabogor.org/2025/02/layanan-berbasis-internet-perpustakaan-bogor/?utm_source=chatgpt.com
Chaidirman, C., Indriastuti, D., & Narmi, N. (2019). Fenomena Kecanduan Penggunaan Gawai (Gadget) pada Kalangan Remaja Suku Bajo. Holistic Nursing and Health Science, 2(2), 33-41. https://doi.org/10.14710/hnhs.2.2.2019.33-41
https://doi.org/10.14710/hnhs.2.2.2019.33-41
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59-65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Hidayat, A. (2017). Kesenjangan Sosial. Jurnal Justisi Hukum, 2(1), 15-25. https://core.ac.uk/download/pdf/322468389.pdf
https://doi.org/10.36805/jjih.v2i1.400
Kusuma, J. W., Hamidah, H., Umalihayati, U., & Rini, P. P. (2024). Mengurai Benang Kusut Kebijakan Pendidikan Indonesia: Sebuah Literature Review Analitik. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(2), 1810-1826. https://doi.org/10.55681/jige.v5i2.2772
https://doi.org/10.55681/jige.v5i2.2772
Permatasari, M., Hubi, Z. B., Mulyani, H., Insani, N. N., & Bribin, M. L. (2024). Membangun Karakter Warga Negara Digital dan Pendidikan Hukum Global Menuju Indonesia Emas 2045. Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 4(2), 46-56. https://doi.org/10.56393/nomos.v4i1.2099
https://doi.org/10.56393/nomos.v4i1.2099
Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030
https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030
Putra, G. A., & Nuryono, W. (2022). Fenomena Penyebab Kecanduan Game Online pada Siswa. Jurnal BK Unesa, 12(3), 983-989.
Rachmat, I. F., Hartati, S., & Erdawati. (2021). Pengaruh Kecanduan Gawai terhadap Disregulasi Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon., 8(2), 33-45. https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jjb.v8i2.1726
https://doi.org/10.32534/jjb.v8i2.1726
Rizkyta, N. A., Zirhannudin, M., Fuadah, N. T., & Jayanti, M. D. (2024). Pelatihan Pembuatan dan Media Pembelajaran Ular Tangga Matematika Logika pada Komunitas Gemapedia. Abdine : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 188-196. https://doi.org/https://doi.org/10.52072/abdine.v4i2.950
https://doi.org/10.52072/abdine.v4i2.950
Syaadah, R., Ary, M., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Nonformal, dan Pendidikan Informal. PEMA (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2, 125-131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298
https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298
Umma, N. L. (2019). Perubahan Perilaku Remaja Pasca Berdirinya Warung Kopi Wifi (Studi Kasus Kecanduan Gawai di Dusun Kanigoro Desa Keboharan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo). In Undergraduate thesis. https://digilib.uinsa.ac.id/29336/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bakti Cendana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.








