PENGARUH LITERASI SAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan literasi sains dan pemahaman konsep siswa serta mengukur besarnya pengaruh literasi sains terhadap pemahaman konsep pada materi sistem pertahanan tubuh melalui PBL. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu non-equivalent pretest-posstest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1,2,3,6 berjumlah 134 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4,5,7 berjumlah 102 siswa sebagai kelas kontrol. Sebelum digunakan dalam penelitian, soal-soal instrumen test diujicobakan pada siswa dan diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Data dianalisis dengan Uji N-gain, uji prsyarat dan uji hipotesis. Uji N-gain digunakan untuk mengetahui peningkatan nilai pretest dan posstest literasi sains dan pemahaman konsep, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas bertujuan untuk mengetahui homogenitas dan normalitas distribusi nilai pretest dan posstest. Uji hipotesis menggunakan independent sample T test dan uji mann whitney U pada data posstest literasi sains dan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dan kontrol. Uji determinasi (regresi sederhana) menggunakan nilai posstest literasi sains dan pemahaman konsep untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi sains terhadap pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan literasi sains dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran PBL (kelas eksperimen) dengan pembelajaran ceramah dan diskusi (kelas kontrol) serta literasi sains memberi pengaruh 12,4% terhadap pemahaman konsep siswa.
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi and Departement of Biology Education, Universitas Timor as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
BIO-EDU journal and Departement Biology Education, Universitas Timor, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in BIO-EDU are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.