Media Interaktif e-Modul Materi Virus Sebagai Penunjang Pembelajaran Daring di MAN 3 Jombang
Main Article Content
Abstract
Pandemi covid-19 berdampak pada pembelajaran di sekolah. Hal ini juga terjadi di MAN 3 Jombang, pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran daring. Berdasarkan analisis kebutuhan, pembelajaran daring membuat peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan karena guru hanya memberikan materi melalui ppt dan media yang digunakan hanya buku pegangan siswa dan LKS saja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul materi virus sebagai pendukung pembelajaran daring di MAN 3 Jombang dengan melihat. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana desain dan kelayakan media pembelajaran e-modul untuk pembelajaran biologi materi virus. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan angket respon siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan e-modul materi virus yang dikembangkan layak digunakan dengan revisi dengan presentase rata-rata yang diberikan oleh validator sebesar 80,43%.Keseluruhan peserta didik memberikan respon sangat baik dengan presentase rata-rata sebesar 88,83% terhadap e-modul materi virus yang dikembangkan dapat mendukung pembelajaran secara daring.
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi and Departement of Biology Education, Universitas Timor as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
BIO-EDU journal and Departement Biology Education, Universitas Timor, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in BIO-EDU are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.