Analisis Penerapan Pendekatan STEM pada Pembelajaran Biologi
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran biologi didalamnya memuat ilmu sains, teknologi, teknik dan matematika dari beberapa materi sehingga perlu adanya pendekatan yang akan membantu proses pembelajaran tersebut, maka salah satunya yaitu pendekatan STEM. Pendekatan STEM merupakan pendekatan yang mengintegrasikan empat disiplin ilmu, yaitu sains, teknologi, teknik dan matematika. Tujuan artikel ini untuk menganalisis penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan berbagai sumber dari buku, artikel penelitian dari jurnal elektronik dan website akuntabel yang berhubungan dengan pembahasan penelitian dengan hasil yang dituliskan secara deskriptif-analisis. Hasil yang didapatkan dari studi pustaka artikel ini bahwasanya penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran biologi dapat dihubungkan dengan berbagai model pembelajaran dan materi yang sesuai sehingga bisa memberikan pengaruh yang positif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan berpikir kritis siswa, literasi sains siswa, kreativitas siswa, kemampuan berpikir ilmiah tapi tidak berpengaruh untuk meningkatkan literasi teknologi dan kemampuan mengambil keputusan.
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi and Departement of Biology Education, Universitas Timor as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
BIO-EDU journal and Departement Biology Education, Universitas Timor, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in BIO-EDU are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.