Karakteristik Tegakan Hutan Tanaman Jati di Wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Kupang

  • Aah Ahmad Almulqu Politeknik Pertanian Kupang
  • Emy Renoat
Keywords: karakteristik tegakan, jumlah pohon, diameter, volume pohon.

Abstract

Kegiatan pengelolaan hutan tanaman jati merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi karakteristik tegakan hutan, misalnya untuk kegiatan penebangan yang tidak sesuai dengan konsep riap dapat berdampak pada perubahan kondisi karakteristik dan berpengaruh terhadap potensi  tegakan hutan jati untuk siklus tebang berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang karakteristik tegakan hutan jati di kawasan Kesatuan pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dengan kegiatan penelitian ini diharapkan dapat diketahui kondisi terkini tegakan jati, kemudian digunakan untuk menduga kondisi tegakan jati pada masa yang akan datang dengan memperhatikan riap dan dinamika struktur tegakannya. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa di areal hutan tegakan jati di KPH Kabupaten Kupang memiliki keragaman karakteristik tegakan dalam hal jumlah pohon, diameter, tinggi dan volume pohon jatinya. Secara keseluruhan diperoleh jumlah pohon pada klaster pengamatan sebanyak 268 pohon jati (Klaster 1= 91 pohon, Klaster 2 = 87 pohon dan Klaster 3 = 90 pohon). Perlu kajian lebih lanjut untuk mengetahui perkembangan tegakan pada masa yang akan datang berdasarkan pengamatan dan pengukuran terhadap petak ukur permanen (PUP), selanjutnya informasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan sistem silvikultur pada rotasi tebang berikutnya.

References

Bermejo, I.; I. Canellas; A.S. Miguel. 2004. Growth and Yield Models for Teak Plantations in Costa Rica. Forest Ecology dan Management (189): 97-110. Elsevier,
Ismail, Hendrayana, dan Saputra, 2016. Inventarisasi dan Identifikasi Sebaran Jabon Merah (Anthocephalus marcophyllus) Di Hutan Rakyat Kecamatan Majalengka. Fakultas Kehutanan. Universitas Kuningan.
Veronika Murtinah1 , Marjenah2 , Afif Ruchaemi3 , Daddy Ruhiyat4. 2015. Pertumbuhan hutan tanaman jati (Tectona grandis Linn.f.) di Kalimantan Timur. Jurnal AGRIFOR XIV (2): 287 – 292.
Ruchaemi, A. 2013. Ilmu Pertumbuhan Hutan. Mulawarman University Press. Samarinda. Cetakan Pertama, Edisi Pertama. 187 H.
Susila IWW. 2012. Model dugaan volume dan riap tegakan jati (Tectona grandis L.F) di Nusa Penida, Klungkung Bali. Jurnal Penelitian Hutan Tanaman 9 (3): 165 – 178.
Wijaya DLD, Hidayat R dan Santoso P. 2021. Tarif volume local pohon jati (Tectona grandis) di hutan kemasyarakatan Sedyo Rukun Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Hutan Pulau-Pulau Kecil 5 (1): 78-89. Program Studi Manajemen Hutan Pascasarjana Universitas Pattimura, Ambon.
Published
2021-12-31