Penyusunan Lembar Kerja Siswa Berbasis Hasil Penelitian

  • Puspa Indah Sulistyaningrum Universitas PGRI Madiun
  • Cicilia Novi Primiani Universitas PGRI Madiun
Keywords: Lembar Kerja Siswa; berbasis penelitian

Abstract

Abstrak

Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan bahan ajar dengan struktur perumusan masalah, penyusunan hipotesis, dan penyelesaian tugas. Lembar Kerja Siswa saat ini disusun secara tekstual, sehingga kemandirian, kreativitas berpikir, dan keterampilan saintifik kurang optimal. Tujuan penelitian adalah untuk menyusun LKS berdasarkan hasil penelitian. Metode penelitian diskriptif kualitatif dengan prosedur penyusunan LKS sesuai sistematika LKS. Tahap pertama adalah tahap perumusan tujuan kegiatan. Tahap kedua adalah penyusunan materi dalam LKS, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan. Tahap ketiga adalah tahap validasi ahli. Tahap keempat adalah evaluasi berdasarkan saran dan komentar validator.  Tahap validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil validasi ahli materi 87,5% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media 84,21% dengan kategori layak digunakan.

Abstrak

Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan bahan ajar dengan struktur rumusan masalah, rumusan hipotesis, dan penyelesaian tugas. LKPD saat ini terstruktur secara tekstual, sehingga kemandirian, berpikir kreatif, dan keterampilan ilmiah kurang optimal. Tujuan penelitian adalah menyusun LKS berdasarkan hasil penelitian. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan prosedur penyusunan LKS sesuai dengan sistematika LKS. Tahap pertama adalah tahap merumuskan tujuan kegiatan. Tahap kedua adalah penyiapan materi dalam LKS, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan. Tahap ketiga adalah tahap validasi ahli. Tahap keempat adalah evaluasi berdasarkan saran dan komentar validator. Tahap validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil validasi ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media sebesar 84,21% dengan kategori layak pakai.

References

Andi, P. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Aristiadi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Pemanasan Global. Bioedusiana, 4(2), 77–84.
Bener, E., & Yýldýz, S. (2019). The use of activities to promote reflection in an ELT practicum. Australian Journal of Teacher Education, 44(8), 38–56.
Brew, A., & Mantai, L. (2017). Academics’ perceptions of the challenges and barriers to implementing research-based experiences for undergraduates. Teaching in Higher Education, 22(5), 551–568.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. In Depdiknas Jakarta.
Gultom, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Melalui Pendekatan Saintifik pada Pengajaran Termokimia. Diva Press, I(1), 22–29.
Haryani, S., Wardani, S., & Prasetya, agung tri. (2018). Analisis Kemampuan Penyusunan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Dan Project Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2086–2096.
Isnaningsih, A., & Bimo, D. S. (2013). Penerapan lembar kegiatan siswa (LKS) discovery berorientasi keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 136–141.
Julaecha, S., & Baist, A. (2019). Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SMK kelas XII pada pelajaran matematika. Jurnal Analisa, 5(2), 103–108.
Lightweis, S. (2013). College Success: A fresh look at differenciated instruction and ther student centered strategies. College Quarterly, 16(3), 1–18.
Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 204–210.
Misbah, M., Wati, M., Rif’at, M. F., & Prastika, M. D. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Dasar I Berbasis 5M Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains dan Karakter Wasaka. Jurnal Fisika FLUX, 15(1), 26.
Moroz, P., & Moroz, I. (2019). Implementation Of The Competence Approach In The Process Of Designing Practicum “ The History Of Ukraine In Sources ” Реалізація Компетентнісного Підходу В Процесі Конструювання Практикуму “ Історія України В Джерелах .” 27, 72–77.
Muganga, L., & Ssenkusu, P. (2019). Teacher-Centered vs Student-Centered: An Examination of Student Teacher’s Perceptions about Pedagogical Practices at Uganda’s Makerere University. Cultural and Pedagogical Inquiry, 11(2), 16–40.
Nahak, R. L., & Bulu, V. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 230.
Nurhidayati, S., Zubaidah, S., & Indriwati, E. (2015). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa. January 2018.
Prasetiyo, N. A., & Pertiwi, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup Pada Matakuliah Biologi Di Universitas Tribhuana Tunggadewi The Development of Environment based Textbook in Biology Course at Tribhuwana Tunggadewi University. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 19–27.
Pratiwi, W. (2013). Keterampilan Proses Sains Pada LKS Biologi Yang Digunakan MAN SE-Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan MIPA
Primiani, C. (2018). Potensi Genistein pada Sistem Reproduksi Mencit sebagai Penyusunan Bahan Ajar Fisiologi Reproduksi. Belantika Pendidikan, 1(1), 37–44.
Purnamawati, D., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2017). Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 209–219.
Putra, R. R., & Fitrihidajati, H. (2021). Validitas E-Book Terintegrasi Hands on Minds on (Homo) pada Materi Ekologi untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 116–126.
Ramadhani, H. S. (2017). Efektivitas Metode Pembelajaran Scl (Student Centered Learning) Dan Tcl (Teacher Centered Learning) Pada Motivasi Instrinsik & Ekstrinsik Mahasiswa Psikologi Untag Surabaya Angkatan Tahun 2014. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 6(2), 66–74.
Rohani, R., Muliadi, A., & Nurhidayati, S. (2018). Penerapan Lks Biologi Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Ilmiah Siswa. 6(1), 52–57.
Rohman, F., & Lusiyana, A. (2017). Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Sosial. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 47–56.
Safitri, N. L., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2017). Pengembangan LKS Project Based Learning Berbasis Penelitian Perlakuan Perbedaan Dosis Fosfat pada Genotipe Kedelai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(4), 518–523.
Saharuddin, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS : Konsep dan Aplikasi. In Pendidikan. http://eprints.ulm.ac.id/8545/2/MUTIANI 2020-IPS-100 X (1).pdf
Santyasa, I. wayan. (2018). Student centered learning : Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, xix–xxxii.
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. In Bumi Aksara.
Yulianti, D., PrasetyaAji Jurusan Fisika, M., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2018). Unnes Physics Education Journal Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Tata Surya untuk Membangun Karakter pada Siswa SMP. Upej, 7(2).
Published
2023-08-31