Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Materi Biologi

  • Nanda Syah Putra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eka Astika Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Keterampilan Pemecahan Masalah; Materi Biologi; Pembelajaran Aktif

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah termasuk diantara banyak keterampilan yang penting dikuasai oleh siswa. Penelitian ini mencoba untuk mengungkapkan keterampilan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa SMA pada materi biologi. Penelitian dilakukan di sebuah sekolah Negeri dengan total sampel 70 siswa dari kelas XII. Teknik pemilihan sample yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Jenis Instrumen yang digunakan adalah tes dimana untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah menggunakan soal essay yang terdiri dari 5 soal. Terdapat 5 indikator keterampilan pemecahan masalah yang diukur. Indikator pemecahan masalah yang diamati yaitu memfokuskan permasalahan, mendeskripsikan permasalahan, merencanakan sebuah solusi dalam pemecahan masalah, menggunakan solusi untuk pemecahan masalah, serta mengevaluasi solusi. Nilai reliabilitas dari instrumen keterampilan pemecahan masalah yang digunakan adalah 0.888 dan dikategorikan tinggi. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata skor keterampilan pemecahan masalah adalah 36.9 dan dikategorikan sedang. Selanjutnya, diantara 5 indikator yang diamati, skor pada pada indikator memfokuskan masalah adalah yang paling tinggi dan skor pada pada indikator merencanakan solusi adalah yang paling rendah. Sangat disarankan bagi tenaga tendidik untuk menerapkan pembelajaran aktif di kelas guna meningkatkan keterampilan siswa. Hal penting yang perlu dilakukan oleh para stakeholder pendidikan adalah perlunya upgrading skill mengajar guru serta perlunya pengawasan keterlaksanaan proses pembelajaran oleh guru di kelas

References

Bahri, A., Putriana, D., & Idris, I. S. (2018). Peran PBL dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah biologi. SAINSMAT" Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya, 7(2), 114-124.

Chaudhry, N., & Rasool, G. (2012). A case study on improving problem solving skills of undergraduate computer science students. World Applied Sciences Journal, 20(1), 34– Chang, Y. C. (2010). Does problemsolving = prior knowledge + reasoning skills in earth science? an exploratory study. Research in Science Education, 40(2), 103–116.39.

Eady, S. (2008). What is the purpose of learning science? An analysis of policy and practice in the primary school. British Journal of Educational Studies, 56(1), 4-19.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. (2012). How To Design and Evaluate Research in Education. In McGraw-Hill.

Gayatri, I. G. A. S., Jekti, D. S. D., & Jufri, A. W. (2013). Efektifitas pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan strategi kooperatif terhadap kemampuan menyelesaikan masalah dan hasil belajar kognitif biologi ditinjau dari kemampuan akademik awal siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 8(2).

Gok, T. (2015). An investigation of students’ performance after peer instruction with stepwise problemsolving strategies. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(3), 561–582.

Greiff, S., Holt, D.V., & Funke, J. (2013). Perspectives on problem solving in educational assessment: Analytical, interactive, and collaborative problem solving. Journal of Problem Solving, 5(2), 71–91.

Gunawan, F.I., Stefani, G.S. (2018). Pengembangan Kelas Virtual dengan Google Classroom dalam Keterampilan Pemecahan Masalah ( Problem Solving) Topik Vektor pada Siswa SMK Untuk Mendukung Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. 340-348.

Hidayat, S. R., Setyadin, A. H., Hermawan, H., Kaniawati, I., Suhendi, E., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2017). Pengembangan instrumen tes keterampilan pemecahan masalah pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 157-166.

Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi pembekalan keterampilan abad 21 pada aspek keterampilan pemecahan masalah siswa sma kota bengkulu dalam mata pelajaran fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 25-32.

Jufri, A. W. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru IPA Kota Mataram dalam Memfasilitasi Penguasaan Keterampilan Abad Ke 21 Siswa SMP. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1), 1-6.

Kusumawati, S. W. (2014). Penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1-10.

Makiyah, Y. S., Mahmudah, I. R., Sulistyaningsih, D., & Susanti, E. (2021). HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ABAD 21 DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 1-10.

Malik, A., Dirgantara, Y., Mulhayatiah, D., & Agustina, R.D. (2020). Analisis hakikat, peran dan implikasi kegiatan laboratorium terhadap keterampilan abad 21. UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Bandung.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55.

Mustofa, M. H., & Rusdiana, D. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran gerak lurus. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 15-22.

Mu'minah, I. H. (2021, October). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Dalam Menyongsong Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 584-594).

Nikat, R. F. (2018). The evaluation of physics students’ problem-solving ability through MAUVE strategy (magnitude, answer, units, variables, and equation. International Journal of Social Sciences, 3(3), 1234–1251.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Nuraini, N., Tindangen, M., & Maasawet, E. T. (2016). Analisis permasalahan guru terkait perangkat pembelajaran berbasis model inquiry dan permasalahan siswa terkait kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran biologi di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 2066-2070.

Nur’asiah, R.R.F., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2015). Deskripsi instrumen tes keterampilan berpikir kritis materi alat optik. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015, 497-500.

Putra, I. G. D. D., Saputra, I. M. G. N., & Wardana, K. A. (2021). Paradigma Pendidikan Abab 21 Di Masa Pandemi Covid-19 (Tantangan Dan Solusi). PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2).

Putra, N. S., Permanasari, A., & Desmiawati, D. (2021). Student Sustainability Disposition: Where Are Students’ Levels?. THABIEA: JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING, 4(2), 148-158.

Putra, N. S., Sukma, H. N., & Setiawan, H. (2021). Level of Environmental Literacy of Students and School Community in Green Open Space: Is There any Difference between Both of Them?. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(4), 627-634.

Rahayu, I. A. T., & Adistana, G. A. Y. P. (2018). Mengembangkan Keterampilan Memecahkan Masalah melalui Pembelajaran Berdasar Masalah. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 3(2), 86-91.

Rahmawati S, dan Nasution MY. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pelita Pendidikan. 4(2): 128-134.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sahyar, & Fitri, R. Y. (2017). The effect of problem-based learning model (PBL) and adversity quotient (AQ) on problem-solving ability. American Journal of Educational Research, 5(2), 179–183.

Saminanto. (2010). Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Semarang: Rasail Median Group

Siahaan, P., Suryani, A., Kaniawati, I., Suhendi, E., & Samsudin, A. (2017). Improving students’ science process skills through simple computer simulations on linear motion conceptions. Journal of Physics: Conference Series, 812(1), 1-5.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.

Syafii, W., & Yasin, R. M. (2013). Problem solving skills and learning achievements through problem-based module in teaching and learning biology in high school. Asian Social Science, 9(12), 220.

Syah, M. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zunanda, M., & Sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 63-70.

Published
2023-08-31