Analisis Struktur Dan Komposisi Tumbuhan Tingkat Tiang Dan Anakan Di Hutan Buamese Desa Tulakadi Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui jenis-jenis struktur dan komposisi tumbuhan tingkat tiang dan anakan di Hutan Buamese Desa Tulakadi Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuadrat atau penempatan plot-plot di sepanjang garis transek. Pada setiap garis transek di letakan plot-plot pengamatan secara berselang seling dengan ukuran masing-masing 10 m x 10 m2 untuk tingkat tiang dan 2 m x 2 m2 untuk tingkat anakan. teknik analisa data dapat di peroleh dengan cara yaitu: mencocokan spesies yang ada dalam buku sumber, bertanya pada orang yang lebih tahu dan untuk mengetahui struktur dan komposisi dilakukan dengan cara menghitung kerapat, frekuensi mutlak, frekuensi relatif, dominansi mutlak, dominansi relatif dan indeks nilai penting. Hasil pernelitian ditemukan 7 jenis tumbuhan tingkat tiang dan anakan masing-masing terdapat 7 jenis yang terdiri dari 7 famili yang membentuk suatu struktur komposisi yang terdapat pada Hutan Buamese terutama pada tingkat tiang dan anakan. jika dilihat dari indeks nilai penting, maka untuk tingkat tiang yang memiliki INP tertinggi adalah Typhonium flagelliforme l: 62,697% dan yang memiliki INP terendah adalah: Terminalia catappa l. 28,541% sedangkan untuk tingkat anakan yang memiliki INP tertinggi adalah: Cassia siamea lamk : 25,22% dan yang memiliki INP terendah adalah : Schlaicera oleose merr : 11,06%.
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi and Departement of Biology Education, Universitas Timor as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
BIO-EDU journal and Departement Biology Education, Universitas Timor, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in BIO-EDU are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.