Penerapan Media Animasi dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Satap Hoka TA. 2015/2016
Main Article Content
Abstract
Peneltian ini yang dilaksanakan di SMP Negeri Hoka. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana respon siswa kelas VIII SMP Negeri Satu atap Hoka terhadap pembelajaran Biologi dengan menggunakan media animasi serta bagaimana hasil yang dicapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan dan metode pemberian soal tes. Metode pengamatan pada setiap siklus, berlansung selama proses belajar mengajar, sedangkan pemberian soal tes dilakukan pada akhir seluruh rangkaian kegiatan pembelajan pada setiap siklus. Hasil dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti selama proses belajar mengajar berlansung , siswa dengan tekun dan tenang menerima pelajaran yang diberikan peneliti, dan perkembangan dari siklus ke siklus mengalami kemajuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan media animasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal tersebut didapat dari hasil tes yang diberikan pada setiap siklus, dengan nilai rata-rata yang dicapai pada siklus pertama adalah 45% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 100%, ini berarti persentase ketuntasan siswa dalam belajar biologi dengan menggunakan media animasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media animasi dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri Hoka
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi and Departement of Biology Education, Universitas Timor as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
BIO-EDU journal and Departement Biology Education, Universitas Timor, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in BIO-EDU are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.