Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Metode Demonstrasi pada Materi Klasifikasi Tumbuhan kelas VII SMPN Ankiko Kecamatan Miomaffo Tengah

Main Article Content

Veronika Mataufinaa
Vinsensia U.R Sila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VII SMPN Ankiko dengan metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN Ankiko yang berjumlah 30 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas yaitu metode demonstrasi, variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Jenis data yang diperoleh adalah data primer berupa data nilai hasil tes Biologi dari siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 33,33% meningkat menjadi 80% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa kelas VII SMPN Ankiko dapat ditingkatkan dengan metode demonstrasi.

Article Details

Section
Articles