Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas VIII SMP Aurora Kefamenanu
Main Article Content
Abstract
Judul peneltian adalah “Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas VIII SMP Aurora Kefemananu”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan pada semester II di SMP Aurora Kefamenanu tahun ajaran 2015/2016. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Aurora Kefamenanu yang berjumlah 21 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa data nilai hasil tes biologi siswa sebagai subjek penelitian. Alat pengumpulan data yang dipakai dalam penelitin ini adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar biologi mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan melalui presentasi ketuntasan siswa. Maka dari hasil tes yang diperoleh, peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar biologi
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi and Departement of Biology Education, Universitas Timor as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
BIO-EDU journal and Departement Biology Education, Universitas Timor, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in BIO-EDU are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.