Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI SMAN Miomaffo Tengah pada Materi Sistem Eksresi pada Manusia dengan Lembar Kerja Siswa sebagai Media Pembelajaran
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data aktivitas belajar siswa kelas XI SMAN Miomaffo Tengah pada materi system ekskresi pada manusia dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2016 di SMAN Miomaffo Tengah, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI pada Semester Genap T.A 2015/ 2016 sebanyak 17 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas berupa Lembar Kerja Siswa dan variabel terikat berupa aktivitas belajar siswa. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Hal ini dilihat dari peningkatan dari aktivitas belajar siswa setiap siklus. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 2,40 dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II dengan rata-rata 3,60 dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran pada materi system ekskresi pada manusia yang dilaksanakan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berhasil karena aktivitas siswa meningkat.
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi and Departement of Biology Education, Universitas Timor as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
BIO-EDU journal and Departement Biology Education, Universitas Timor, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in BIO-EDU are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.