Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Proses Pembelajaran Di SMP Negeri Kota Baru Kefamenanu Tahun Ajaran 2016/2017
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Kota Baru dengan tujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran Biologi dengan penggunaan Media komunikasi dan intrenet dalam meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIIA SMPN Kota Baru.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 orang yang dibagi dalam dua rombongan belajar yaitu kelas VIIIA berjumlah 19 orang dan VIIIB berjumlah 23 orang. Sampel yang diambil menjadi kelas perlakuan/eksperimen adalah kelas VIIIA dengan pembelajaran menggunakan Media komputer dan internet dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dengan pendekatan pembelajaran ceramah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yakni membandingkan dua kelompok yaitu kelompok yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan media komputer dan internet atau kelas eksperimen dan kelompok yang tidak menggunakan media komunikasi dan internet atau kelas kontrol. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen yaitu peneliti menggunakan kelas- kelas untuk eksperimen tanpa membentuk kelas baru. Berdasarkan perhitungan analisis data nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,05 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 75,04. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,86, selanjutnya diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,101. Kriteria pengujian adalah jika harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel ternyata thitung > ttabel maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil pengujian terbukti bahwa thitung > ttabel yaitu 2,86 > 2,101. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media komunikasi dan internet lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIIIA SMPN Kota Baru.
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi and Departement of Biology Education, Universitas Timor as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
BIO-EDU journal and Departement Biology Education, Universitas Timor, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in BIO-EDU are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.