Pengembangan Aplikasi MySkripsi untuk Meningkatkan Efisiensi Manajemen Waktu Bimbingan Skripsi Mahasiswa Pendidikan Biologi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi MySkripsi, sebuah aplikasi baru yang dirancan untuk membantu mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Timor dalam mengatur manajemen waktu bimbingan skripsi. Peneitian ini menggunakan design peneltian R&D (Research and Development), dimana metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and development (R & D) dengan model pengembangan 3D yakni define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (Pengembangan). Sebelum melakukan proses perancangan dan pengembangan, terlebih dahulu dilakukan studi awal untuk menganalisa kebutuhan penggunaan aplikasi pada mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Timor. Pngumpulan data studi awal dilakukan menggunakan kuesioner dengan responden 12 orang dosen pembimbing dan 44 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil analisa, ditemukan bahwa lebih dari 75% responden yang terdiri dari dosen dan mahasiswa mengaku pernah melakukan reschedule (penjadwalan ulang waktu bimbingan) dan lebih dari 90% responden dari dosen pembimbing pernah lupa akan jadwal bimbingan. Oleh karena itu, peneliti kemudian melakukan proses pengembangan aplikasi MySkripsi yang kemudian diujicobakan pada mahasiswa dan dosen di program studi Pendidikan Biologi. Hasil penilaian berupa respon dosen pembimbing menunjukkan bahwa pada indicator kemudahan penggunaan aplikasi diperoleh 94,4% dengan kategori Sangat baik, indikator kejelasan aplikasi presentasi sebesar 83,3% dan masuk dalam kategori Baik, indikator tampilan aplikasi prsentasi diperoleh 72,2% dengan kategori Baik, dan indikator kebermanfaatan aplikasi diperoleh 94,5% dengan kategori Sangat baik. Sedangkan, untuk penilaian respon mahasiswa, diketahui bahwa pada indicator kemudahan penggunaan aplikasi diperoleh 88,9% dengan kategori Sangat baik, indikator kejelasan aplikasi diperoleh 76,7% dan masuk dalam kategori Baik, indikator tampilan aplikasi presentasi diperoleh 83,4% dengan kategori Baik, indikator kebermanfaatan aplikasi diperoleh presentasi 95,3% dengan kategori Sangat baik. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan berapa fitur bukti bimbingan berupa foto ataupun video.
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi and Departement of Biology Education, Universitas Timor as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
BIO-EDU journal and Departement Biology Education, Universitas Timor, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in BIO-EDU are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adebisi, J. F. (2013). Time management practices and its effect on business performance. Canadian Social Science, 9(1), 165.
Darmaji, D., Mustiningsih, M., & Arifin, I. (2019, December). Quality management education in the industrial revolution era 4.0 and society 5.0. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) (pp. 565-570). Atlantis Press.
Gea, A. A. (2014). Time management: Menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Humaniora, 5(2), 777-785.
George, A. S., & George, A. H. (2020). Industrial revolution 5.0: the transformation of the modern manufacturing process to enable man and machine to work hand in hand. Journal of Seybold Report ISSN NO, 1533, 9211.
Jasiah, J., Kusumawati, I. R., & Febrina, W. (2023). Pelatihan Sistematika Penulisan Skripsi bagi Mahasiswa. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 4(1), 58-64.
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100.
Munfiatik, S., & Mubarok, R. (2023). Implementasi Manajemen Waktu Dalam Inovasi Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (SINOVA), 1(3), 123-134.
Natalia, D. P., Febriyana, M. M., Ustati, R. T., & Rahmawati, Y. (2021). Pengembangan E-Modul Praktikum Crocodile Physics Berbasis POE. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 38-47.
Nilasari, S. (2020). Pendidikan di era revolusi industri 5.0 terhadap disiplin kerja guru. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
OECD. (2019). An OECD Learning Framework 2030. The Future of Education and Labor, 23-35.
Rusyadi, S. H. (2013). Hubungan antara manajemen waktu dengan prestasi belajar pada mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Setemen, K. (2009). Pelacakan Alumni (Tracer Study) Jurusan Manajemen Informatika Berbasis ICT (Information & Communication Technology). Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 6(2).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.