Urgensi Materi Pembelajaran Tentang Virus Pada Mata Pelajaran IPA di SMP/MTs pada Masa Pandemi COVID-19: Rancangan Indikator Pembelajaran dalam Bentuk Pendidikan Kesehatan di Sekolah
Main Article Content
Abstract
Pandemi sangat mempengaruhi semua sudut dan tatanan kehidupan, tidak terkecuali sektor pendidikan. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) nmerupakan mata pelajaran yang menjembatani pengetahuan siswa tentang masa pandemi ini, dimana pada mata pelajaran ini harus menghadirkan pengetahuan-pengetahuan mengenai virus. Pada kenyataannya, kurikulum merancang materi yang sangat rinci dan membahas tuntas mengenai virus ditemukan di tingkat SMA/MA/SMK, dan sangat minim sekali pada tingkat SD dan SMP/MTs. Melalui artikel ini, akan dijelaskan bagaimana pentingnya materi virus ini diajarkan mulai dari tingkat SMP/MTs yang kondisi siswanya terlebih dahulu penting dan harus mampu menerima pengetahuan mengenai virus daripada tingkat SD. Artikel ini merupakan hasil observasi, studi kepustakaan (literatur review), dan studi dokumentasi yang melahirkan gagasan-gagasan bagiamana pentingnya pengetahuan tentang virus tersebut diketahui sejak dini oleh siswa. Materi virus sangat penting dihadirkan dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs dengan pertimbangan cakupan materi yang sangat luas (virologi), materinya yang kontekstual, materinya sebagai rancangan indikator pendidikan kesehatan, dan sebagai rancangan indikator dengan pendidikan tanggap wabah.
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi and Departement of Biology Education, Universitas Timor as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
BIO-EDU journal and Departement Biology Education, Universitas Timor, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in BIO-EDU are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.