Urgensi Materi Pembelajaran Tentang Virus Pada Mata Pelajaran IPA di SMP/MTs pada Masa Pandemi COVID-19: Rancangan Indikator Pembelajaran dalam Bentuk Pendidikan Kesehatan di Sekolah

Main Article Content

Rhavy Ferdyan
Lufri Lufri
Fitri Arsih

Abstract

Pandemi sangat mempengaruhi semua sudut dan tatanan kehidupan, tidak terkecuali sektor pendidikan. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) nmerupakan mata pelajaran yang menjembatani pengetahuan siswa tentang masa pandemi ini, dimana pada mata pelajaran ini harus menghadirkan pengetahuan-pengetahuan mengenai virus. Pada kenyataannya, kurikulum merancang materi yang sangat rinci dan membahas tuntas mengenai virus ditemukan di tingkat SMA/MA/SMK, dan sangat minim sekali pada tingkat SD dan SMP/MTs. Melalui artikel ini, akan dijelaskan bagaimana pentingnya materi virus ini diajarkan mulai dari tingkat SMP/MTs yang kondisi siswanya terlebih dahulu penting dan harus mampu menerima pengetahuan mengenai virus daripada tingkat SD. Artikel ini merupakan hasil observasi, studi kepustakaan (literatur review), dan studi dokumentasi yang melahirkan gagasan-gagasan bagiamana pentingnya pengetahuan tentang virus tersebut diketahui sejak dini oleh siswa. Materi virus sangat penting dihadirkan dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs dengan pertimbangan cakupan materi yang sangat luas (virologi), materinya yang kontekstual, materinya sebagai rancangan indikator pendidikan kesehatan, dan sebagai rancangan indikator dengan pendidikan tanggap wabah.

Article Details

Section
Articles