Penerapan Remedial untuk Pembelajaran Cerpen Kelas VIII SMP Dharma Bakti St. Paulus Oelolok
Keywords:
remedy, learning pass score, short storyAbstract
Remedy is education service given to the students to improve their learning achievement to get pass score criteria. This research aims at increasing students’ pass score of short story material at second grade students of junior high school Dharma Bakti St. Pulus Oelolok that is about twenty people. Research result shows that thirteen students or about 80 % get learning pass score while seven students or about 40 % in the opposite site. Then, those students who did not pass the score was given remedy at shape grouping material, make the story plot, and find background in the short story. Final result shows that five students or about 80 % are in good category and two students are in very good category. Furthermore, it can be concluded that remedy has positive effect that can increase motivation and learning achievement to get pass score.
References
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Artmanda, W. Frista. 1979. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Lintas Media Jombong.
Balok, Maria T. 2012 Meningkatkan Pembelajaran Terhadap Ketuntasan Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMPK St. Yosep Weluli. Skripsi. Kefamenanu: FKIP Bahasa Indonesia UNIMOR.
Djamarah, Syaiful Bakri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Jakarta: Usaha Nasional.
Fathurrohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, Syarifuddin. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung: Bandar Maju
Ischak, S.W. 1987. Program Remidial dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Liberti Ktiptk.
Monemnasi Y. 2013. Penerapan Pembelajaran Remedial Terhadap Ketuntasan Belajar Bahasa Indonesia pada siswa Kelas VIII SMP Negeri II Insana. Skripsi. Kefamenanu: FKIP Bahasa Indonesia UNIMOR.
Mulyasa, H. E. 2008. Menjadi Guru Professional. Bandung. Remaja Rosdakarya
Nasution. 2003. Berbagai pendekatan Dalam proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bineka Aksara.
Slameto. 1993. Belajar Dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Ciptadjan.
Soedarsono, Fx. 1997. Pengajaran Remidial. Jakarta: Gramedia.
Sugiyanto. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif da R & D. Alfabeta
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta
Sunardi. 1997. Mengenal Siswa Berkesulitan Belajar. Surakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan: UNS.
Tarigan. 1993. Prinsip- prinsip Pengajaran Sastra. Bandung: Angkasa
Una Stefanus Emanuel . Skripsi Analisis Bangun puisi Diponerogo Karya Chairill Anwar
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: PT. Gramedia
Waluyo. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi: Erlangga.
Waluyo. 2005. Apresiasi Puisi Untuk Pelajar Mahasiswa. Jakarta: Gramedia.
Yunus, Umar. 1981. Sosiologi Sastra Persoalan Teori dan metode. Jakarta: PT. Gramedia
Zubaidah, Nur, 2008. Metode dan Aneka Teknik Analisis Data. Jogjakarta: Penerbit Duta Wacana University Press.
Zulfahnurz. 1996 .Teori Sastra. Jakarta Departemen Pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0