The Existence of MKDU of Indonesian Language on Millenial Generation in the Era of Digital industry 4.0 (Post Covid 19 pandemic)

  • Fane Trisna Fitriana Politeknik GUSDURian
  • Melia Dwi Renovriska Universitas Perwira Purbalingga
Keywords: Eksistensi, Generasi Milenial, Era Industri Digital 4.0, dan Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai eksistensi Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) bahasa Indonesia pada generasi milenial di era industri digital 4.0 pasca pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian berupa deskriptif kualitatif dengan library research atau studi kepustakaan (dokumentasi dan catat) sebagai teknik pengumpulan datanya. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman, adapun tekniknya yakni menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa eksistensi MKDU bahasa Indonesia pada mahasiswa sebagai generasi milenial di era industri 4.0 perlu diperhatikan. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional masih rentan dipengaruhi bahasa asing. Generasi milenial menjadi salah satu faktor utamanya. Munculnya generasi milenial yang mengedepankan trend (kekinian) dan gengsi membuat bahasa Indonesia seperti ketinggalan atau kuno. Tidak hanya itu, pasar industri ekonomi juga lebih mengedepankan bahasa asing sehingga banyak mahasiswa berbondong-bondong belajar bahasa asing dan lupa melestarikan serta memelihara bahasa bangsanya sendiri. Mahasiswa sebagai generasi milenial perlu disadarkan akan kenyataan ini agar timbul rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap bahasa nasionalnya, apa lagi pasca pandemi Covid-19 banyak bermunculan pula problematika dalam dunia pendidikan tidak hanya pada pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi saja tetapi hampir di semua tingkat pendidikan. Hal tersebut hendaknya menjadi bahan evaluasi pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya di perguruan tinggi, agar dapat lebih berkembang sehingga mampu merancang, menciptakan, dan menyediakan pembelajaran yang terintegrasi tanpa mengurangi esensi maupun eksistensi dari bidang ilmu (bahasa Indonesia) yang diajarkan.

Kata Kunci: Eksistensi, Generasi Milenial, Era Industri Digital 4.0, dan Pandemi Covid-19

Published
2022-12-28
How to Cite
Fitriana, F., & Renovriska, M. (2022). The Existence of MKDU of Indonesian Language on Millenial Generation in the Era of Digital industry 4.0 (Post Covid 19 pandemic). Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 1-7. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/3844