The Role of Teacher in Overcoming Difficulties in Learning Students Writing Skills

Authors

  • Dwike Awdya Yunanda Universitas Adzkia
  • Solah Amelia Putri Universitas Adzkia
  • Dina Fitria Handayani Universitas Adzkia

Keywords:

peran guru, mengatasi, kesulitan menulis siswa.

Abstract

Kesulitan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada keterampilan menulis yang di alami siswa kurangnya kosakata yang di miliki oleh siswa, kurangnya rasa percaya diri siswa dalam mengeluarkan sebuah gagasan, ide, serta pendapat dalam membuat sebuah karangan dalam pembelajaran keterampilan menulis. Dalam hal ini pentingnya peran guru mendukung dan memotivasi siswa serta dapat menentukan dan melaksanakan penyajian materi sesuai dengan kemampuan penguasaan materi yang optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang mana penelitian ini bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis, proses dan makna lebih di tonjolkan pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam melakukan identifikasi wacana dari riview jurnal, artikel yang berhubungan dengan studi literatur pentingnya peran guru dalam mengatasi kesulitan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hal analisis yang dikemukakan pentingnya peran guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran, guru berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran serta terdapat dua faktor kesulitan siswa , faktor internal dan eksternal.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Yunanda, D. A., Putri, S. A., & Handayani, D. F. (2022). The Role of Teacher in Overcoming Difficulties in Learning Students Writing Skills. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 23–28. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/3847