The Role of Teacher in Overcoming Difficulties in Learning Students Writing Skills
Keywords:
peran guru, mengatasi, kesulitan menulis siswa.Abstract
Kesulitan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada keterampilan menulis yang di alami siswa kurangnya kosakata yang di miliki oleh siswa, kurangnya rasa percaya diri siswa dalam mengeluarkan sebuah gagasan, ide, serta pendapat dalam membuat sebuah karangan dalam pembelajaran keterampilan menulis. Dalam hal ini pentingnya peran guru mendukung dan memotivasi siswa serta dapat menentukan dan melaksanakan penyajian materi sesuai dengan kemampuan penguasaan materi yang optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang mana penelitian ini bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis, proses dan makna lebih di tonjolkan pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam melakukan identifikasi wacana dari riview jurnal, artikel yang berhubungan dengan studi literatur pentingnya peran guru dalam mengatasi kesulitan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hal analisis yang dikemukakan pentingnya peran guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran, guru berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran serta terdapat dua faktor kesulitan siswa , faktor internal dan eksternal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0