The Effectiveness of Concept Sentence Model in Learning to Write News

  • Saifullah Saifullah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nuraini Kasman Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Rosmini Kasman Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suhartini Khalik Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suleha Ecca Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Emy Emy Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Efektivitas, Concept Sentence, menulis berita

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas model consep sentence dalam menulis berita pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pancarijang. Berdasarkan hasil pengamatan, siswa kesulitan menulis berita karena kurang memahami materi, kesulitan menentukan judul, serta kesulitan mengembangkan kalimat menjadi paragraf. Masalah yang ingin dipecahkan pada penelitian ini adalah efektivittas penerapan model Concept Sentence dalam menyelesaikan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menulis dan mengembangkan berita. Tujuan yang ingin dicapai adalah mengetahui efektivitas penerpan model Concept Sentence dalam menulis teks berita. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan posttest control group design. Populasi penelitian sebanyak 39 dan keseluruhan populasi dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini didasarkan pada teori yang dikembangka oleh Robert E Slavin dari The John Hopkins University. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa model concep sentence efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita. Hal tersebut dapat dilihat pada kemampuan menulis teks berita pada kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 70 dan pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 80. Hasil pengolahan data menggunakan statistic inferensial menggambarkan bahwa model Concept Sentence memberikan pengaruh secara siginifikan dalam penulisan teks berita dengan t hitung sebesar 3,337 lebih besar dari t table sebesar 2,206. Kata kunci: Efektivitas, Concept Sentence, menulis berita

References

Arikunto. (2010). Suharsimi Arikunto.pdf. In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi ke X. Artati, D. (2014). Keefektifan Teknik Dictolgos pada Pembelajaran Menulis Teks berita Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Fepok Sleman Yogyakarta. Citra Apriliana, A., & Hermawati, W. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(Vol 5 No 1 June 2020), 38–49. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2862 Febriasari, lolita kurnia, & Purwanti, E. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Concept Sentence Berbantuan Media Visual. Joyful Learning Journal, 3(1), 56–60. Haris, S. A. (2005). Jurnalistik Indonesia (Menulis Berita dan Feature). Simbiosa Rekatama Media. Ilmiah, J. P. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Melalui Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Dengan Permainan Detective Sherlock Holmes and the Adventure Book. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 161–170. Jamaluddin, A. (2015). Jamaluddin Ahmad.pdf. Gava Media. Kustandi, S. (2010). Pengantar Jurnalistik. PT Nuansa. Lila, O., & Amalia, O. (2017). Keefektifan Model Concept Sentence.../ 385. 385–398. Marlina, E., Hilmiyati, F., & Farhurohman, O. (2021). DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE KOOPERATIF CONCEPT SENTENCE Analysis of Ability Write a Simple Article Using the Cooperative Type Learning Model Concept Sentence. 8(1), 11–20. Naning, P. (2004). Creative Writing: 72 Jurus Seni Mengarang. Balai Pustaka. Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 1–11. Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. PT Dian. Rahmawati, I., & Yulianti, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Pembelajaran Concept Sentence Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/12095
Published
2022-12-28
How to Cite
Saifullah, S., Kasman, N., Kasman, R., Khalik, S., Ecca, S., & Emy, E. (2022). The Effectiveness of Concept Sentence Model in Learning to Write News. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 77-86. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/3852