EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-BOOK MULTIMODAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

EFFECTIVENESS OF USING MULTIMODAL E-BOOK IN INDONESIAN LANGUAGE LEARNING

Authors

  • Dwita Wahyuni IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.32938/jbi.v8i1.4309

Keywords:

E-book Multimodal, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Menulis Paragraf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan e-book multimodal dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa. Metode eksperimen yang digunakan adalah one-group pretest and posttest design. Data diambil dari satu kelompok subjek yang sama sebelum dan setelah perlakuan. Subjek penelitian adalah 25 mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Pontianak yang sedang menempuh mata kuliah bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa setelah penggunaan e-book multimodal dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pengetahuan mahasiswa meningkat dari rerata 70,20 (pretest) menjadi 85,60 (posttest), sedangkan keterampilan mahasiswa meningkat dari rerata 74,56 (pretest) menjadi 84,12 (posttest). Dari hasil analisis data, Hasil uji-t (paired sample t-test) menunjukkan bahwa perbedaan nilai pengetahuan dan keterampilan (pretest dan posttest) signifikan secara statistik dengan nilai p < 0.001. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-book multimodal memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan nilai pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.  Selain itu, 80% dari total 25 mahasiswa menyatakan menyatakan bahwa e-book multimodal yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia sangat menarik  dan 76% mahasiswa menyatakan bahwa penggunaan e-book multimodal dapat membantu mereka dalam memahami materi pembelajaran secara lebih baik . Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki minat dan persepsi positif terhadap penggunaan e-book multimodal. Dengan kata lain, penggunaan e-book multimodal efektif dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi  untuk memperkaya media pembelajaran dan meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia maupun mata kuliah lainnya.

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

Wahyuni, D. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-BOOK MULTIMODAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: EFFECTIVENESS OF USING MULTIMODAL E-BOOK IN INDONESIAN LANGUAGE LEARNING. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.32938/jbi.v8i1.4309