EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-BOOK MULTIMODAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
EFFECTIVENESS OF USING MULTIMODAL E-BOOK IN INDONESIAN LANGUAGE LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.32938/jbi.v8i1.4309Keywords:
E-book Multimodal, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Menulis ParagrafAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan e-book multimodal dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa. Metode eksperimen yang digunakan adalah one-group pretest and posttest design. Data diambil dari satu kelompok subjek yang sama sebelum dan setelah perlakuan. Subjek penelitian adalah 25 mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Pontianak yang sedang menempuh mata kuliah bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa setelah penggunaan e-book multimodal dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pengetahuan mahasiswa meningkat dari rerata 70,20 (pretest) menjadi 85,60 (posttest), sedangkan keterampilan mahasiswa meningkat dari rerata 74,56 (pretest) menjadi 84,12 (posttest). Dari hasil analisis data, Hasil uji-t (paired sample t-test) menunjukkan bahwa perbedaan nilai pengetahuan dan keterampilan (pretest dan posttest) signifikan secara statistik dengan nilai p < 0.001. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-book multimodal memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan nilai pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, 80% dari total 25 mahasiswa menyatakan menyatakan bahwa e-book multimodal yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia sangat menarik dan 76% mahasiswa menyatakan bahwa penggunaan e-book multimodal dapat membantu mereka dalam memahami materi pembelajaran secara lebih baik . Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki minat dan persepsi positif terhadap penggunaan e-book multimodal. Dengan kata lain, penggunaan e-book multimodal efektif dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi untuk memperkaya media pembelajaran dan meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia maupun mata kuliah lainnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0