PEMANFAATAN LAMAN CERDAS BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.32938/jbi.v8i02.4544Keywords:
laman cerdas berkarakter, menulis, cerpenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan laman cerdas berkarakter dapat digunakan untuk pembelajaran menulis cerita pendek oleh siswa kelas IX D SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil tes siswa, wawancara Guru Bahasa Indonesia, dan siswa kelas IX, serta hasil dokumentasi pada saat pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian dapat diketahui kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan laman cerdas berkarakter, siswa kelas IX D SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi dalam kategori baik. Hal ini terbukti dengan diperolehnya nilai rata-rata 78 dalam menulis cerpen berdasarkan aspek penilaian kesesuaian tema, kelengakapan struktur, pemilihan kata yang tepat (diksi), penulisan ejaan dan tanda baca. Nilai tersebut dapat dilihat rentang nilai yang berada pada interval 75-81,25 dengan kategori baik. Dari hasil penelitian disarankan untuk guru dalam pembelajaran banyak menggunakan media agar meningkatkan minat belajar siswa. Laman Cerdas Berkarakter dapat digunakan sebagai media pembelajaran menulis cerpen karena memiliki keunggulan yakni dapat menambah pengetahuan melalui video dan poster yang menarik bagi siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0