Analisis Analisis Lingustik Sistemik Fungsional Pada Kumpulan Cerita Rakyat Asal Bangka

Analisis Lingustik Sistemik Fungsional Pada Kumpulan Cerita Rakyat Asal Bangka

  • Ria Risti Ristika Universitas PGRI Palembang
Keywords: Cerita Rakyat Bangka, Linguistik Sistemik Fungsional dan Transivitas

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah analisis  linguistik sistemik fungsional pada kumpulan cerita rakyat asal Bangka. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan bentuk dan proses linguistik sistemik fungsional pada cerita rakyat dengan menggunakan 3 variasi linguisitik sistemik fungsional  yaitu genre, transitivitas dan teks dalam konteks. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif dengan data yang digunakan dari buku Cerita Rakyat dari Bangka 2 karya Lala Savitri. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi serta data yang digunakan dengan analisis konten. Hasil penelitian ini didapatkan 199 paragraf yang mengandung genre naratif. Kemudian proses transitivitas yang ditemukan pada cerita rakyat tersebut yaitu, didominasi oleh proses tingkah laku atau behavioral dengan jumlah 79 proses, sebanyak 36,7%, disusul proses material 63 proses sebanyak 29,7%, kemudian proses mental 30 proses sebanyak 14,1%, proses relasional 25 proses sebanyak 11,7%, proses verbal 9 proses sebanyak 4,2% dan diposisi terakhir proses eksistensial dengan jumlah 7 proses sebanyak 3,3%. Teks dalam konteks yang terjadi pada cerita yaitu 8 teks yang sesuai dengan situasi dan kondisi.

Kata Kunci: Cerita Rakyat Bangka, Linguistik Sistemik Fungsional dan Transivitas

References

ppy Maharani, Ratu Wardarita dan Dessy Wardiah. (2021). Kajian Antropologi Sastra dalam Kumpulan Cerita Rakyat Sumatera Selatan "Sembesat Sembesit". Jurnal Pendidikan Tembusai, 7563-7574.
Rukminingsih, Gunawan & Mohammad. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Selly Purwati, Ahadi Sulissusiawan, Ahmad Rabi'ul Muzammil. (2022, Juli 5). Pantun Pernikahan Melayu Kapuas Hulu : Kajian Linguistik Sistemik Fungsional”. Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11, 1251-1259.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta,CV.
Syamsurijal, Dkk. (2022). Kajian Linguistik Fungsional Sistemik : Konkretisasi Makna Ideasional dalam Pidato Cinta Laura pada Malam Peluncuran Moderasi Beragama. Onama, 8.
Syarifah, R. (2020). Penokohan Dalam Cerita Rakyat Perspektif Linguistik Sistemik Fungsional. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Wiratno, T. (2018). Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. Surakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2023-08-30
How to Cite
Ristika, R. (2023). Analisis Analisis Lingustik Sistemik Fungsional Pada Kumpulan Cerita Rakyat Asal Bangka. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(02), 62-73. https://doi.org/10.32938/jbi.v8i02.4585