Analisis Analisis Fungsi dan Struktur Sastra Lisan Mantra Pengobatan Di Desa Petaling Kabupaten Bangka

Analisis Fungsi dan Struktur Sastra Lisan Mantra Pengobatan Di Desa Petaling Kabupaten Bangka

  • Sri Rizky Inanda Febrianti Universitas PGRI Palembang
Keywords: Mantra, Sastra Lisan, Fungsi dan Struktur

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah analisis fungsi dan struktur sastra lisan mantra pengobatan di Desa Petaling Kabupaten Bangka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan fungsi dan struktur sastra lisan mantra pengobatan di Desa Petaling Kabupaten Bangka. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan bentuk kualitatif, menggunakan pendekan semiotika Charles Sanders Peirce. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, rekaman dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini sebanyak enam orang. Jumlah mantra yang dianalisis terdapat lima belas mantra. Berdasarkan hasil analisis fungsi dan struktur  mantra pengobatan diperoleh hasil sebagai berikut. Pada lima belas mantra yang diteliti terdapat fungsi mantra yaitu 1) sebagai sistem proyeksi; 2) sebagai alat pengesahan; dan 3) sebagai alat pemaksa dan pengawasan agar norma-norma masyarakat atau alat pengendali sosial. Sedangkan struktur mantra sebagai berikut 1) unsur judul; 2) unsur pembuka; 3) unsur niat; 4) unsur tujuan; dan 5) unsur penutup.

References

Andi Permana, H. J. (2022). Kajian Stilistika Sastra Lisan Tembang Asal Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, 311.
Badara, A. (2020). Sastra Lisan Bugis. Jawa Barat: Cv. Adanu Abimata.
Emzir, S. R. (2018). Tentang Sastra. Yogyakarta: Garudhawaca.
Jafra Lantowa, N. M. (2017). Semiotika Teori, Metode dan Penerapannya Dalam Penelitian Sastra. Yogyakarta: Deepublish.
Mahayana, M. S. (2022). Sihir Mantra. Yogyakarta: Diva Press.
Nela Oktarina, S. S. (2022). Fungsi Sastra Lisan Mantra Mantra Pengobatan Di Sungailiat Kabupaten Bangka. Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0, 301.
Rahmat, M. &. (2016). Sastra Minangkabau dan Penciptaan Sebuah Karya. Sumatra Barat: Lppmpp Isi Padang Panjang.
Saputra, H. S. (2007). Memuja Mantra. Yogyakarta: Lkis Yogyakarta.
Soffatin, E. &. (2022). Masyarakat Suku Akit Desa Penyengat Kecamantan Sungai Apit Kabupaten Siak Provinsi Riau . Pendidikan Tambusai, 3195.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Syarofi, A. (2022). Bentuk, Makna, dan Fungsi Dalam Mantra Pengobatan Dukun Di Kabupaten Lamongan (Kajian Etnolinguistik). Ilmu Sosial, Humaniora, dan Pendidikan, 100.
Yenny Puspita, M. N. (2019). Novel Gadis Panatai Karya Pramoedya Teor: Suatu kajian Dimensi Gender. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 9.
Published
2023-08-30
How to Cite
Inanda Febrianti, S. (2023). Analisis Analisis Fungsi dan Struktur Sastra Lisan Mantra Pengobatan Di Desa Petaling Kabupaten Bangka. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(02), 51-61. https://doi.org/10.32938/jbi.v8i02.4598