SIKAP BAHASA MASYARAKAT NAGEKEO PADA BAHASA KEO DI KELURAHAN SASI KOTA KEFAMENANU

  • Maria Dolorosa Opa Rai Universitas Timor
  • Kristofel Bere Nahak Universitas Timor
  • Maria Magdalena Namok Nahak Universitas Timor
  • Abdul Rahim Arman Putera Dapubeang Universitas Timor
Keywords: Siakp bahasa, Etnis Nagekeo, Usia muda, Usia dewasa, Usia tua

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan sikap bahasa keo yang digunakan oleh masyarakat nagekeo di kelurahan sasi kota kefamenanu dan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi sikap bahasa keo pada masyarakat nagekeo di kelurahan sasi kota kefamenanu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Teknik kuisioner mengacu pada skala linkert karena dipandang untuk mengukur sikap, sedangkan teknik wawancara digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh dari kusisoner. Berdasarkan angket yang telah disebarkan kepada 54 responden, dapat diketahui bahwa sikap bahasa keo pada masyarakat nagekeo di kelurahan sasi kota kefamenanu adalah positif dengan pemerolehan skor sebesar 5.277.

References

Adam L. Nofriyani, dkk. 2022. Sikap Bahasa Masyarakat Napan – Kefamenanu (Kajian Sosiolinguistik Di Perbatasan Nkri– Timor Leste). Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 7 Nomor 3 Desember 2022 / ISSN: 2527-4058.
Agus Eko Sujianto. 2009. Aplikasi Statistik Dengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Chaer, Abdul dan Leonel Agustina. 1995. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Dapubeang Abdul Rahim Arman P. 2022. Sikap Bahasa Generasi Muda Etnis Sulawesi di Desa Balauring terhadap Bahasa Kedang. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 8, No. 2: Universitas Timor.
Fitranansya M. 2017. Sikap Bahasa Masyarakat Tutur Desa Solear Terhadap Bahasa Indonesia: Kajian Sosiolinguistik. Skripsi. Jakarta: Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni: Universitas Negeri Jakarta.
Gene F. Summers (Ed.). 1977. Attitude Measurement. London: Kershaw Publishing Company Ltd.
Hayati R. 2021. Variasi Bahasa dan Kelas Sosial. Jurnal PENA Vol.35 No.1. Program Study Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Pekalongan.
IBM SPSS Software, https://www.ibm.com/analytics/ spss-statistics-software. diakses pada tanggal 28 Agustus 2018.
Janah N. 2017. Sikap Bahasa Siswa Smp Negeri 9 Lambu Kabupaten Bima Terhadap Bahasa Indonesia. Skripsi. Makassar: Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Marsella Bianca. 2018. Sikap Bahasa Mahasiswa Universitas Diponegoro Terhadap Penggunaan Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, Dan Bahasa Inggris Di Kampus (Kajian Sosiolinguistik). Skripsi. Semarang: Program Studi Sastra Indonesia Departemen Sastra Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang.
Muhson Ali.2016. Pedoman Praktikum Analisis Statistik: Universitas Negeri Yogyakarta.
Setyowati N N.2021. Sikap Bahasa Anak Remaja Panti Asuhan Nurul Wildan Terhadap Bahasa Indonesia. Sapala Volume 8 Nomor 02 Tahun 2021 hlm.25—35: Universitas Negeri Surabaya.
Subaedah, dkk. 2022. Sikap Berbahasa Indonesia Masyarakat Desa Bissoloro Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Terakreditasi Sinta 4 berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor:23/E/KPT/2019
.https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index: Universitas Muhammadiyah Makassar Indonesia.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2014. Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung: Alfa Beta.hal. 42.
Syahputra A D. 2017. Sikap Berbahasa Indonesia Tenaga Kerja Asing di Wilayah Jakarta Pusat. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta: Jakarta.
Syofian Siregar. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Syahputra A D. 2017. Sikap Berbahasa Indonesia Tenaga Kerja Asing di Wilayah Jakarta Pusat. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Ramendra D.P. 2015. Sikap Bahasa Masyarakat Tutur Bahasa Bali Kota Singaraja. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol. 4, No. 2 ISSN: 2303-2898: Universitas Pendidikan Ganesha.
Usmadi.2020. Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan Vol. 7. No 1, Maret 2020: Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Winarti Sri. 2015. Sikap Bahasa Masyarakat Di Wilayah Perbatasan Ntt: Penelitian Sikap Bahasa Pada Desa Silawan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Metalingua, Vol. 13 No. 2: Jakarta Pusat.
https://adoc.pub/situasi-kebahasaan-dalam-bahasa-indonesia-a-aspek sosiolingu.html
https://psychology.binus.ac.id/kamus-psikologi/kamus-psikologi-d/descriptive-statistics/.
https://www.labmutu.com/2020/12/pengertian-uji-anova-rumus-dan-tabel.html.
Published
2023-12-31
How to Cite
Opa Rai, M., Bere Nahak, K., Namok Nahak, M., & Dapubeang, A. R. (2023). SIKAP BAHASA MASYARAKAT NAGEKEO PADA BAHASA KEO DI KELURAHAN SASI KOTA KEFAMENANU. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(03), 40-58. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/6044