PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY (ICT) DI SANGGAR BASTRA
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY (ICT) DI SANGGAR BASTRA
DOI:
https://doi.org/10.32938/jbi.v10i1.8543Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Video, AnimakerAbstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) menggambarkan evolusi media video dalam pengajaran bahasa Indonesia; (2) menilai daya tarik penggunaan media video dalam pendidikan, karena pengajaran yang efektif memerlukan media dalam pengajaran bahasa Indonesia; dan (3) mengevaluasi keefektifan penggunaan media permainan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil yang diperoleh berupa: (1) terciptanya video edukasi pada platform Animaker; (2) 90% siswa menilai produk tersebut "sangat menarik"; dan (3) efisiensi pemanfaatan konten video untuk pembelajaran bahasa Indonesia sebesar 89% menunjukkan efektivitas yang tinggi. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa video berbasis Animaker cocok sebagai media tambahan edukasi bagi siswa Sanggar Bastra.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video, Animaker
References
Ahyar, J. (2019). Apa Itu Sastra Jenis Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra . Yogyakarta: CV Budi Utama.
Ariani, R., & Festiyed. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika.
Ganda, N. (2019). Seni Rupa Dan Kriya. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Kartikasari, A., & Suprapto, E. (2018). Kajian Kesusastraan : Sebuah Pengantar. Magetan : CV AE Media Grafika.
Murti, R. D. (2024). . Peningkatan hasil belajar materi iklan melalui media pembelajaran berbasis ICT. Jurnal Ilmiah Pemdidikan Guru Sekolah Dasar, 11, 203-216.
Rohani, A. (2019). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian& Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta Bandung.
Waluyo, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT. Jurnal An Nur.
Warista, B. (2013). PERKEMBANGAN DEFINISI DAN KAWASAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SERTA PERANNYA DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Wiyono, K., Laili , R. N., & Syuhendri. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Gerak Parabola Berbasis Permainan Tradisional untuk Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. eminar Nasional Pendidikan IPA, 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0


