PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY (ICT) DI SANGGAR BASTRA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY (ICT) DI SANGGAR BASTRA

Authors

  • Masnunah Universitas PGRI Palembang
  • Juaidah Agustina 1Universitas PGRI Palembang
  • Hayatun Nufus 1Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32938/jbi.v10i1.8543

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Video, Animaker

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) menggambarkan evolusi media video dalam pengajaran bahasa Indonesia; (2) menilai daya tarik penggunaan media video dalam pendidikan, karena pengajaran yang efektif memerlukan media dalam pengajaran bahasa Indonesia; dan (3) mengevaluasi keefektifan penggunaan media permainan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil yang diperoleh berupa: (1) terciptanya video edukasi pada platform Animaker; (2) 90% siswa menilai produk tersebut "sangat menarik"; dan (3) efisiensi pemanfaatan konten video untuk pembelajaran bahasa Indonesia sebesar 89% menunjukkan efektivitas yang tinggi. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa video berbasis Animaker cocok sebagai media tambahan edukasi bagi siswa Sanggar Bastra.

Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video, Animaker

References

Ahyar, J. (2019). Apa Itu Sastra Jenis Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra . Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ariani, R., & Festiyed. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika.

Ganda, N. (2019). Seni Rupa Dan Kriya. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Kartikasari, A., & Suprapto, E. (2018). Kajian Kesusastraan : Sebuah Pengantar. Magetan : CV AE Media Grafika.

Murti, R. D. (2024). . Peningkatan hasil belajar materi iklan melalui media pembelajaran berbasis ICT. Jurnal Ilmiah Pemdidikan Guru Sekolah Dasar, 11, 203-216.

Rohani, A. (2019). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian& Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta Bandung.

Waluyo, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT. Jurnal An Nur.

Warista, B. (2013). PERKEMBANGAN DEFINISI DAN KAWASAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SERTA PERANNYA DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Wiyono, K., Laili , R. N., & Syuhendri. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Gerak Parabola Berbasis Permainan Tradisional untuk Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. eminar Nasional Pendidikan IPA, 1.

Downloads

Published

2025-04-08

How to Cite

Masnunah, Agustina, J., & Nufus, H. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY (ICT) DI SANGGAR BASTRA: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY (ICT) DI SANGGAR BASTRA. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.32938/jbi.v10i1.8543