PENGGUNAAN APLIKASI VIDEOMAKER FX DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32938/jbi.v5i3.871Keywords:
VideoMaker FX; Media Pembelajaran; Kreatifitas guru; Bahasa Indonesia; TeknologiAbstract
Perkembangan zaman yang sangat pesat pastinya berpengaruh terhadap teknologi informasi dan komunikasi, termasuk pada bidang Pendidikan. Salah satu dari produk teknologi informasi dan komunikasi yang sangat menarik untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah aplikasi VideoMaker FX ini. Dalam pemanfaatan media, diperlukan kreativitas dan juga pertimbangan instruksional yang matang dari pengajar. Kenyataannya banyak pengajar yang menggunakan media pembelajaran seadanya tanpa pertimbangan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan aplikasi VideoMaker FX di sekolah yang praktis, mudah dan efektif terhadap pembelajaran siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskripsi, dengan cara mendeskripsikan penggunaan aplikasi VideoMaker FX sebagai pengembangan media video pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0