ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMPIUH
DOI:
https://doi.org/10.32938/jbi.v10i1.9225Keywords:
kesalahan berbahasa, diksi, huruf kapital, tanda baca, struktur kalimatAbstract
Kemampuan berbahasa, khususnya menulis teks narasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Namun, dalam praktiknya masih banyak ditemukan kesalahan berbahasa dalam tulisan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa pada teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumpiuh, khususnya kesalahan diksi, penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan struktur kalimat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata atau kalimat yang terdapat pada teks narasi yang ditulis oleh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sumpiuh. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik simak dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya 12 kesalahan dalam pemilihan diksi, 14 kesalahan penggunaan huruf kapital, 5 kesalahan tanda baca, dan 4 kesalahan struktur kalimat. Kesalahan-kesalahan ini berdampak signifikan terhadap kelancaran penyampaian pesan dan pemahaman pembaca. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan kualitas menulis teks narasi.
References
Alfian, J. (2018). Analsis Kesalahan Berbahasa Indonesia. http://file.upi.edu/Direktori/Dualmodes/Pembinaan_Bahasa_Indonesia_Sebagai_Bahasa_Kedua/10_BBM_8.pdf.
Amalia, F.(2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Tataran Morfologi Laman Kompasiana Edisi November 2021. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3081.
Cahyani, A., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 41–49. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/7.
Hasriani. (2021). Belajar Menulis Teks Narasi dengan Teknik Clustering. In Kanal (Vol.3). https://eprints.unm.ac.id/30269/1/Full%20draft%20buku%20menulis%20teks%20narasi%20dengan%20teknik%20clustering%20%28juni%202021%29.pdf.
Hidayatullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Diksi Pada Karangan Siswa Kelas IX SMP Islam Daar El-Arqam Tangerang. El-Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 01(01),41-50.http://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/12.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8.
Mudjiyono, G. (2017). Analisis Kesalahan Struktur Kalimat dalam Menulis Mahasiswa PBSI Unika Widya Mandala Madiun. 279–288. https://journal.ukwms.ac.id/index.php/warta/article/view/6245.
Nurcaya, N., Jumadi, J., Ahmad Ghazali Samad, Muhlis, M., Abdul Kadir, & Abdul Wahid. (2023). Optimalisasi Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Narasi Siswa di SMA 9 Wajo: Analisis Kesalahan Berbahasa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1583–1600. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2808.
Pramiyati, T. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1574.
Rizqi, A., Wardhani, S., Sobari, T., & Abdurrakhman, D. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Dalam Penulisan. 3(September), 705–712. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/5352.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.
Suryaningrum, S. (2023). Pengaruh Bahasa Ibu Terhadap Penguasaan Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Dasar Di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru. Jurnal Kata (Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 11(1), 146–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/Kata.
Undari, S. (2024). Memahami Sumber Data Penelitian: Primer, Sekunder, dan Tersier. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 5(2), 110–116. http://www.iicls.org/index.php/jer/article/view/238.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0


