PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.32938/jbi.v10i1.9555Keywords:
Group Investigation, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Abstrak
Kemampuan berpikir kritis perlu dimiliki setiap siswa, agar siswa mampu memecahkan suatu permasalahan yang ditemukan. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Group Investigation merupakan model pembelajaran dimana kegiatan pembelajarannya melibatkan siswa dalam kelompok kecil untuk melakukan penyelidikan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA.
Abstrac
The ability to think critically must be owned by each student, so that students are able to solve a problem that is found. Efforts that can be done by teachers to improve students' critical thinking ability is by applying cooperative learning model of Group Investigation type Group Investigation is a learning model where the learning activities involve students in small groups to conduct investigations The purpose of this research is to know the influence of Group Investigation study model to critical thinking ability of high school students. The design of this research is quasi experimental research with Non Equivalent Control Group Design research design. Date were analyzed by using t-test. The result of research shows that there is influence of Group Investigation study model to critical thinking ability of high school students.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0


