ANALYSIS OF THE MACRO ENVIRONMENT AND ANALYSIS OF THE FIVES FORCES IN THE RETAIL INDUSTRY IN INDONESIA

Main Article Content

Adi Faisal Aksa
Yeremias Lake
Bernadus Ghawa Rado
Marlinda Pala Bani
Ernestina Lika

Abstract

Bisnis ritel di Indonesia saat ini berkembang dengan pesat, baik ritel tradisional ataupun modern, ritel lokal ataupun asing. Perkembangan ritel yang sangat pesat tersebut juga sering kali diperhadaptkan dengan berbagai permasalahan yang bersifat intenal ataupun eksternal. Dengan berbagai permasalahan tersebut diperlukan analisis yang mampu mengatasinya. Analisis likungan makro dan analisis lima kekuatan merupakan analisis yang dapat diterapkan pada bisnis ritel. Analisis lingkungan makro menjelaskan bahwa perusahaan harus mampu menghadapi lingkungan baik yang bersifat internal maupun eksternal seperti lingkungan ekonomi, lingkungan politik dan hukum, lingkungan demografi, lingkungan sosial budaya, dan lingkungan teknologi. Analisis lima kekuatan menjelaskan bahwa perusahaan harus mampu melihat dan bereaksi seberapa kuat dan lemahnya kekuatan-kekuatan yang dimiliki perusahaan serta tantangan/ancaman yang ada dengan kekuatan tawar menawar konsumen/pembeli/pelanggan, kekuatan tawar menawar pemasok, tantangan/ancaman pendatang baru, tantangan/ancaman produk pengganti, dan persaingan antar perusahaan.

Article Details

How to Cite
Aksa, A. F., Lake, Y., Rado, B. G., Bani, M. P., & Lika, E. (2023). ANALYSIS OF THE MACRO ENVIRONMENT AND ANALYSIS OF THE FIVES FORCES IN THE RETAIL INDUSTRY IN INDONESIA. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(4), 326–339. https://doi.org/10.32938/ie.v5i4.5115
Section
Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.