ANALYSIS OF THE MACRO ENVIRONMENT AND ANALYSIS OF THE FIVES FORCES IN THE RETAIL INDUSTRY IN INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Bisnis ritel di Indonesia saat ini berkembang dengan pesat, baik ritel tradisional ataupun modern, ritel lokal ataupun asing. Perkembangan ritel yang sangat pesat tersebut juga sering kali diperhadaptkan dengan berbagai permasalahan yang bersifat intenal ataupun eksternal. Dengan berbagai permasalahan tersebut diperlukan analisis yang mampu mengatasinya. Analisis likungan makro dan analisis lima kekuatan merupakan analisis yang dapat diterapkan pada bisnis ritel. Analisis lingkungan makro menjelaskan bahwa perusahaan harus mampu menghadapi lingkungan baik yang bersifat internal maupun eksternal seperti lingkungan ekonomi, lingkungan politik dan hukum, lingkungan demografi, lingkungan sosial budaya, dan lingkungan teknologi. Analisis lima kekuatan menjelaskan bahwa perusahaan harus mampu melihat dan bereaksi seberapa kuat dan lemahnya kekuatan-kekuatan yang dimiliki perusahaan serta tantangan/ancaman yang ada dengan kekuatan tawar menawar konsumen/pembeli/pelanggan, kekuatan tawar menawar pemasok, tantangan/ancaman pendatang baru, tantangan/ancaman produk pengganti, dan persaingan antar perusahaan.