PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGETAHUAN PRODUK PERBANKAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN BANK SYARIAH DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI VARIABEL MODER

Main Article Content

Widanarni Pujiastuti
Elsi Sabrina
Didik Priyo

Abstract

Literasi keuangan dibutuhkan dalam pengelolaan keuangan individu baik untuk masa kini dan masa mendatang. Salah satu fasilitas dalam bidang ekonomi yang dapat membantu pengelolaan keuangan adalah lembaga perbankan. Penyesuaian dengan mayoritas penduduk Indonesia yang merupakan masyarakat beragama Islam, adanya perbankan syariah dinilai dapat membantu pengelolaan keuangan yang disesuaikan dengan ketentuan syariat agama. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah dan pengetahuan produk perbankan syariah terhadap keputusan penggunaan bank syariah dengan kecerdasan spiritual sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim yang berdomisili di Kota Malang dan menggunakan bank syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer sebagai sumber datanya yang dihasilkan melalui penyebaran kuesioner. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan bahwa literasi keuangan syariah dah pengetahuan produk perbankan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan bank syariah, sedangkan kecerdasan spiritual dapat memoderasi pengaruh literasi keuangan syariah terhadap keputusan penggunaan bank syariah, akan tetapi tidak bisa memoderasi pengetahuan produk perbankan syariah terhadap keputusan penggunaan bank syariah.

Article Details

How to Cite
Pujiastuti, W., Sabrina, E., & Priyo, D. (2024). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGETAHUAN PRODUK PERBANKAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN BANK SYARIAH DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI VARIABEL MODER. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.32938/ie.v6i1.6561
Section
Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.