PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM), RETURN ON INVESTMENT (ROI), DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2018
Main Article Content
Abstract
Di Indonesia, sejak krisis global yang terjadi pada pertengahan 2008 hanya industri makanan dan minuman yang dapat bertahan tidak bergantung pada bahan baku ekspor dan lebih banyak menggunakan bahan baku domestik. dalam penelitian ini menggunakan beberapa model analisis rasio keuangan yang bersangkutan dengan profitabilitas suatu perusahaan yaitu Net Profit Margin (NPM), Return On Investement (ROI) dan Return On Equity (ROE). Sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018. Model konseptual penelitian ini menggambarkan hubungan antara pengaruh NPM, ROI dan ROE sebagai variabel independen terhadap harga saham sebagai variabel dependen. Dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berupa uji asumsi klasik, yang bertujuan untuk memberikan kepastian tentang persamaan regresi yang didapatkan apakah memiliki ketepatan dalam estimasi atau tidak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketiga faktor tersebut, yaitu NPM, ROI, dan ROE, secara individu maupun bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham perusahaan. Hal ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi harga saham dan dapat digunakan sebagai dasar bagi para investor dan pengambil keputusan dalam mengelola investasi mereka.