Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Lingkaran Di SMPN 1 Kefamenanu

Main Article Content

Maria Angela Christin Tefa
Oktovianus Mamoh
Cecilia Novianti Salsinha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan penalaran  matematis siswa dalam  menyelesaikan  soal  open ended  pada materi lingkaran.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian melalui tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (Sugiyono, 2019) yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan menarik  kesimpulan (conclusion). Penelitian ini telah dilaksanakan  di SMPN 1 Kefamenanu, pada semester genap  tahun pelajaran 2021/2022 dengan subjek  penelitiannya adalah para siswa kelas VIII F yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi mampu bernalar pada seluruh tahapan  penalaran matematis yaitu analyze, generalize, zhyntesize dan justify. Siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang mampu bernalar pada tahapan analyze  dan generalize. Sedangkan siswa dengan kemampuan penalaran matematis rendah hanya  mampu bernalar pada tahap analyze.

Article Details

How to Cite
Tefa, M., Mamoh, O., & Salsinha, C. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Lingkaran Di SMPN 1 Kefamenanu. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(3), 322-337. https://doi.org/10.32938/jipm.8.3.2023.322-337
Section
Articles

References

Agustin, S. S., Ma'arif, S., & Soebagyo, J. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dengan Penyajian Masalah Open-Ended Pada Pembelajaran Daring. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 66-80. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.19
Ellu, R. N., Mamoh, O., & Suddin, S. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Grup. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 181-193. http://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/1613
Faradillah, A. (2018). Analysis of mathematical reasoning ability of pre-service mathematics teachers in solving algebra problem based on reflective and impulsive cognitive style. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i2.2333
Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan PenalaranMatematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 337-348. https://journal.upp.ac.id/index.php/absis/article/view/894
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM :Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 109-118. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/1027.
Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses penalaran matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga berdasarkan kemampuan siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Repository Publikasi Ilmiah, 131-143. https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/repo/article/view/31
Indriani, L. F., Yuliani, A., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits Of Mind Siswa SMP Dalam Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 87-94. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/11999.
Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita di sman 6 malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27-33. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/2003
Mahmudi, A. (2008).“Mengembangkan soal terbuka (Open-Ended Problem) dalam pembelajaran matematika”.Makalah.Seminar Nasional Matematika dan P. Matematika FMIPA UNY Yogyakarta pada tanggal 28 Nopember 2008.
Ruslan, A. S., & Santoso, B. (2013). Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(2), 138-150. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/3138
Saironi, M., & Sukestiyarno, Y. L. (2017).Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Open Ended Berbasis Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 76-88. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/17243
Sapitri,Y.,Utami,C.,& Mariyam, M.(2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi lingkaran ditinjau dari minat belajar. Variabel, 2(1),16-23. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/jvar/article/view/1028
Sariningsih, R., &Herdiman, I. (2017).Mengembangkan kemampuan penalaran statistik dan berpikir kreatif matematis mahasiswa di kota Cimahi melalui pendekatan open-ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239-246. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/16685.
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_1
Syutaridho, S. (2015).Pengembangan Soal Open Ended Pada Pokok Bahasan Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(1), 117-138. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1227
Tandililing, E. (2013). Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Advokasi Dengan Penyajian Masalah Open-Ended Pada Pembelajaran Matematika. Makalah Dipresentasikan Dalam Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Dengan Tema ”Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik" Pada Tanggal 9November 2013 Di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 203–210.
Tangio, N. F. (2015). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Soal Cerita Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dikelas VII SMP Negeri 1 Tapa.Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 1-14.
Tukaryanto, Putriaji Hendikawati, Sugeng Nugroho. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik dan Percaya Diri Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning.PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma
Yarmayani, A., & Simamora, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Vii Smp Negeri Kota Jambi. Mat-Edukasia, 6(1), 88-94. http://journal.stkipypmbangko.ac.id/index.php/mat-edukasia/article/view/587.