Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di SMA Negeri Insana Tengah

Main Article Content

Samuel Seran
Stanislaus Amsikan
Lailin Hijriani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan persentase jenis kesalahan berdasarkan prosedur Kastolan, Menentukan faktor-faktor kesalahan siswa. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Insana Tengah pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terbagi ke dalam tiga bagian yaitu kesalahan konseptual sebesar 23%, kesalahan prosedural sebesar 40%, dan kesalahan teknik sebesar 37%. Adapun kesalahan yang dilakukan sebagai berikut: 1)Kesalahan konseptual meliputi: adanya kesalahan dalam membuat model matematika, tidak membuat model matematika, dan tidak mampu menyelesaikan model matematika. 2) Kesalahan prosedural meliputi : tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, tidak membuat kesimpulam tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian 3)Kesalahan teknik meliputi: terdapat kesalahan dalam menentukan perhitungan dan terdapat perhitungan yang kurang tepat sehingga mempengaruhi hasil akhir. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu siswa kurang mengerti materi sistem persamaan linear tiga varibel, siswa tidak tahu langkah-langkah penyelesaian soal, dan kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan. 


 

Article Details

How to Cite
Seran, S., Amsikan, S., & Hijriani, L. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di SMA Negeri Insana Tengah. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(2), 98-104. https://doi.org/10.32938/jipm.8.2.2023.98-104
Section
Articles
Author Biographies

Samuel Seran, Universitas Timor

Pendidikan Matematika

Stanislaus Amsikan, Universitas Timor

Pendidikan Matematika