Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share

Main Article Content

Maria Regina Olo
Justin Eduardo Simarmata
Oktovianus Mamoh

Abstract

The problem in this study is the low ability of students' critical thinking so that students are not able to solve math problems related to critical thinking skills. To overcome this problem, the think pair share learning model is applied. This study aims to improve the critical thinking skills of grade VIII junior high school students through the application of the think pair share learning model. This type of research is classroom action research. The results showed that there was an increase in critical thinking skills through the application of the Think Pair Share learning model. The increase in critical thinking skills is seen in the average of each indicator and the percentage of achievement for each indicator. The average critical thinking ability on indicator (1) in cycle I was 2.42, an increase of 2.54, indicator (2) of 1.51, an increase of 1.61, indicator (3) of 2.10, an increase of 2, 34, indicator (4) was 1.23 to 1.51 and the percentage of achievement, namely indicator (1) was 80.66% to 84.66%, indicator (2) was 75.50% to 81.00%, indicator ( 3) by 70.00% to 78.00% and indicator (4) by 65.50% to 75.50%.

Article Details

How to Cite
Olo, M., Simarmata, J., & Mamoh, O. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(3), 213-224. https://doi.org/10.32938/jipm.8.3.2023.213-224
Section
Articles

References

Astriani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Kelas VII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta.
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Invetigation (GI)) dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3).
Hidayat, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Shalat Sunnah. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), 155-169.
Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think pair share sebagai model pembelajaran kooperatif untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35-46.
Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).
Mamoh, O. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembinaan Berpikir Logis Dalam Pembelajaran Pada Siswa SMP.
Mutia, T., Agustina, S., Suroso, S & Akmad, R. (2020). Pengaruh pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar geografi. Geodika: jurnal kajian ilmu dan pendidikan geografi, 2020, 4.2: 210-2019
Nur‘aini, Fitri ria. (2016). Meningkatkan Keaktifan Dan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Sub Bab Plantae Kelas Vii A Mts Tribakti Kunjang. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Pohan, H. M., & Hasibuan, A. I (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas x SMA Negeri 4 padang simpuan. Jurnal biolokus: jurnal penelitian pendidikan biologi dan biologi, 2(2), 228-233
Ribut, O. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1-6.
Sari, D. T., & Wardani, D. K. (2015, November). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekonomi di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis
Seran,F. Nahak, S., & Mamoh, O. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pola Bilangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VIII SMP Kota Baru. MATH-EDU: Jurnal Pendidikan Matematika
Sunardi, S., Muslimin, M., & Nery, R. S. (2022). Metode Ekspositori: Hasil belajar siswa meningkat pada materi persamaan garis lurus. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Suriasa, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Menggunakan LKS Berbasis Scientific Aproach untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 190-204
Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp ditinjau dari gaya belajar siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(2), 53-63.