Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Menggunakan Model Pembelajaran LAPS Heuristic

Main Article Content

Erlinda Isulis Marissa
Arief Agoestanto

Abstract

Siswa harus mampu memecahkan masalah matematika agar pembelajarannya berjalan baik dan memenuhi tujuan yang diharapkan. Namun, siswa sekolah menengah masih kekurangan kemampuan ini. Akibatnya, diperlukan model pembelajaran yang sesuai; menggunakan model pembelajaran heuristik LAPS adalah salah satu pilihan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP melalui model LAPS Heuristic. Siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Kasokandel dijadikan sebagai subjek penelitian dalam penelitian deskriptif kualitatif ini. Model interaktif dari Miles dan Huberman digunakan untuk menganalisis tes dan wawancara yang digunakan. Temuan menunjukkan bahwa rata-rata indikator kemampuan memecahkan masalah matematika berdasarkan Polya sangat baik untuk  mengetahui dan memahami masalah serta perencanaan masalah. Sementara banyak siswa yang masih kurang pada indikator mereview jawaban (rata-rata 55,5) dan beberapa siswa masih kurang pada indikator perencanaan pemecahan masalah (rata-rata 80,25).

Article Details

How to Cite
Marissa, E., & Agoestanto, A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Menggunakan Model Pembelajaran LAPS Heuristic. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(3), 237-246. https://doi.org/10.32938/jipm.8.3.2023.192-212
Section
Articles

References

Adetia, R., & Adirakasiwi, A. G. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 526–536. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2036
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Rineka Cipta.
Aulia, T., Nurcahyono, N. A., & Agustiani, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2816–2832. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1618
Barus, M. D. ., & Hakim, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Metode Practice Rehearsal Pairs pada Siswa SMA Al-Hidayah Medan. Biormatika, 6(1), 74–78.
Endah, D. R. J., Kesumawati, N., & Andinasari, A. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Melalui Logan Avenue Problem Solving-Heuristic. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 207–222. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2331
Fajariah, E. S., Dwidayati, N. K., & Cahyono, E. (2017a). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa dalam Implementasi Model Pembelajaran Arias Berpendekatan Saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 259–265. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/20605/9780
Fajariah, E. S., Dwidayati, N. K., & Cahyono, E. (2017b). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa dalam Implementasi Model Pembelajaran Arias Berpendekatan Saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 259–265. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/20605
Güner, P., & Erbay, H. N. (2021). Prospective mathematics teachers ’ thinking styles and problem-solving skills. Thinking Skills and Creativity, 40(April), 100827. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100827
Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan pembelajaran daring. Wilangan, 1(2), 150–160.
Nahdi, D. S. (2018). Eksperimentasi Model Problem Based Learning Dan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 50–56. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.711
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Ozeno, H. (2021). Outdoor Learning Of Map Literacy Skills And Reflective Thinking Skill Towards Problem-Solving. Nature education  40(December 2020).
Polya, G. (1971). How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.
Rahmawati, A., Lukman, H. S., & Setiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tingkat Self-Efficacy. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 79–90. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.979
Rambe, A. Y. ., & Afri, L. . (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187. Issn 2087-8249 e-issn 2580-0450
Samad, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Laps-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Sungguminasa. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 108–123. https://doi.org/10.47650/elips.v2i2.274
Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679
Sholeh, M., & Sari, A. (2018). Proses Metakognisi Tahap Evaluation Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika (JKPM), 2(1), 26–30. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/3234/2186
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Yu, M., Cui, J., Wang, L., Gao, X., Cui, Z., & Zhou, X. (2022). Spatial Processing Rather Than Logical Reasoning Was Found To Be Critical For Mathematical Problem-Solving. Learning and Individual Differences, 100(September), 102230. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2022.102230