Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa Kelas XI SMAN 1 Jatisari Pada Materi Program Linear

Main Article Content

Intan Aulia
Adi Ihsan Imami

Abstract

Kompetensi strategis matematis merupakan keterampilan dalam matematika yang meliputi kemampuan memahami permasalahan, merepresentasikan masalah, dan menyelesaikan masalah. Tetapi tidak banyak siswa yang mampu menggunakan kompetensi strategis matematis dalam pembelajaran matematika, khususnya ketika mengerjakan permasalahan berupa soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi strategis matematis siswa kelas XI SMAN 1 Jatisari pada materi program linear. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan instrumen berupa tes kompetensi strategis matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 17,1% siswa memiliki kompetensi strategis matematis pada kategori tinggi yang ditunjukkan oleh kemampuan siswa dalam memenuhi ketiga indikator kompetensi strategis matematis dengan baik, yang meliputi kemampuan memahami dan mengidentifikasi permasalahan, menyajikan masalah dengan berbagai representasi untuk memecahkan masalah, dan menemukan solusi dari masalah. Sedangkan siswa yang memiliki kompetensi strategis matematis pada kategori sedang sebanyak 54,3% dimana siswa belum mampu memenuhi dua indikator kompetensi strategis matematis secara optimal, yaitu indikator menyajikan masalah dengan berbagai representasi untuk memecahkan masalah dan indikator menemukan solusi dari masalah. Serta 28,6% siswa memiliki kompetensi strategis matematis rendah karena siswa belum mampu memenuhi ketiga indikator dengan baik.

Article Details

How to Cite
Aulia, I., & Imami, A. I. (2023). Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa Kelas XI SMAN 1 Jatisari Pada Materi Program Linear. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(3), 281-294. https://doi.org/10.32938/jipm.8.3.2023.281-294
Section
Articles

References

Asy’ari, M. F., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Kompetensi Strategis Siswa dalam Menyelesaikan Persoalan Program Linear ditinjau dari Kecemasan Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 98–109. https://doi.org/10.33654/math.v6i1.916
Aulia, M. P., Roesdiana, L., & Haerudin. (2021). Analisis Kemampuan Kompetensi Strategis Matematis Siswa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 169–183. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp169-183
Firaisti, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2013). Kompetensi Strategis Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Osborn di Kelas VII D SMP Negeri 51 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 19–27. https://doi.org/10.22342/jpm.7.1.4653
Kurnadi & Safitri, P. T. (2018). Peningkatan Kemampuan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kuantum. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.921
Kurniayu, N., & Nurjanah. (2020). Kompetensi Strategis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Tipe Kepribadian. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 13(2), 239–255. https://doi.org/10.30870/jppm.v13i2.7291
Larasati, S. R. (2018). Analisis Kemampuan Memodelkan Siswa Kelas XI SMA Pangudi Luhur Yogyakarta pada Pembelajaran Matematika Materi Program Linear dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Tesis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Lutipah. (2022). Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa ditinjau dari Kepercayaan Diri (Self Confidence). Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Melanie, M. E., Hartoyo, A., & Ahmad, D. (2016). Deskripsi Proses Penyelesaian Soal Cerita Materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9), 1–11. https://doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16448
Muna, T. (2018). Analisis Kompetensi Strategis Siswa dalam Pembelajaran Heuristik Vee Berdasarkan Disposisi Matematis. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Raharjo, A. A., Supratman, & Lestari, P. (2022). Analisis Kompetensi Strategis Matematis ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Melalui Blended Learning Berbantuan Flipbook. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 149–163. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.4606
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Sudarsono & Nurrohmah, H. (2016). Upaya Meningkatkan Kompetensi Strategis Matematis Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 39–48. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i1.627
Wulandari, N. P. M., & Karmila. (2021). Deskripsi Kompetensi Strategis Matematis Kelas VII SMP Negeri 1 Palopo Berdasarkan Gender. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 116–125. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1306
Yulianti, Hartoyo, A., & BS, D. A. (2017). Kompetensi Strategis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Program Linier di SMK-SMTI Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(8), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v6i8.21179