Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Kain Buna Masyarakat Insana Tengah

Main Article Content

Aurelya Y. Haki Natun
Oktovianus Mamoh
Stanislaus Amsikan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi yang bertujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang ada pada kain tenun motif buna. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Letmafo, Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara pada bulan Februari 2021. Subjek penelitian adalah informan dan objek penelitian adalah kain tenun motif buna. Instrumen penelitian berupa human instrument, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: ditemukan konsep-konsep matematika seperti konsep geometri  (bangun datar). Hal ini menunjukkan bahwa matematika tumbuh dan berkembang dalam aktivitas masyarakat tertentu yang disebut dengan etnomatematika.

Article Details

How to Cite
Natun, A., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Kain Buna Masyarakat Insana Tengah. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(2), 31-41. https://doi.org/10.32938/jipm.6.2.2021.31-41
Section
Articles

References

Amsikan, S., & Nahak, S. (2017). Hubungan Konsep Ruang Ume Kbubu Desa Kaenbaun Kabupaten Timor Tengah Utara Dengan Konsep Geometri. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II (KNPMP II) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 18 Maret 2017. Hal. 168-175.

Arisetyawan, A., Suryadi, D., Herman, T., Rahmat, C., & No, J. D. S. (2014). Study of Ethnomathematics: A lesson from the Baduy Culture. International Journal of Education and Research, 2(10), 681-688.

D'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

Deda, Y. N., & Disnawati, H. (2017). Hubungan motif kain tenun masyarakat Suku Dawan–Timor dengan matematika sekolah. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II (KNPMP II) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 18 Maret 2017. Hal. 201-209.

Fathani, A. H. (2009). Matematika hakikat dan logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fudiyartanto, F.A. (2012). Penerjemahan Butir Budaya dari Bahasa Inggris Ke Bahasa Indonesia. Adabiyyat: Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(2), 317-342.

Funan, F. X., & Mamoh, O. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Uem Le’u Insana Dalam Kaitannya Dengan Konsep Geometri. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 63-75.

Indriaini, P. (2016). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar(Skripsi). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Lampung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Kofi, M. D., & Mamoh, O. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran RPP dan LKS Materi Segiempat Dan Segitiga Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri Miomaffo Barat Menggunakan Pendekatan Etnomatematika. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika 5, No 1 (2020): 1-13.

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman rajapolah kabupaten tasikmalaya. Infinity Journal, 5(1), 25-31.

Puspadewi, K. R. (2014). Etnomatematika Dibalik Kerajinan Anyaman Bali. Jurnal Matematika, vol.4, no.2, email: rahayupuspa23@yahoo.co.id (diakses pada 23 April 2017).

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1).

Septi, I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Aksara Lampung(Skripsi). Fakultas Tabiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Son, A. L. (2017). Study ethnomatematics: pengungkapan konsep matematika dan karakter siswa pada permainan kelereng masyarakat suku Dawan. Jurnal of MEDIVES, 1(2), 100-110.

Walle, J. A. V. (2006). Matematika sekolah dasar dan menengah. Erlangga: Jakarta

Zhang, W., & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and its integration within the mathematics curriculum. Journal of Mathematics Education, 3(1), 151-157.