Analisis Kemampuan Literasi Mahasiswa Ditinjau Dari Level Berpkir Metakognitif Pada Mata Kuliah Statistika Lanjut

Main Article Content

Mahyudi Mahyudi
Indra Kurniawan

Abstract

Penelitian ini mengkaji kemampuan literasi matematika mahasiswa dengan memperhatikan level berfikir metakognitifnya. Untuk mendapat gambaran tersebut dilakukan tes diagnosa kemampuan literasi matematika pada materi statistika lanjut yang disertakan dengan wawancara terbatas pada subjek yang diteliti. Analisisnya menggunakan pendekatan kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi mahasiswa yang berbeda-beda dari setiap level berfikir metakognitif. Pada subjek dengan level berfikir  tacit use dan  aware use, kemampuan literasi matematika hanya sampai pada tahap formulating saja. Sedangkan pada level berfikir strategic use selain tahap  formulating, subjek juga sudah dapat mengembangkan kemampuan untuk melakukan employing. Sementara pada level berfikir yang paling tinggi yaitu  relective use, subjek memiliki kemampuan penalaran yang baik dalam pengambilan keputusan dan berada pada tahap interpreting.

Article Details

Section
Articles

References

Adiarto, A. (2017). Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Metakognisi Melalui Metode Inkuiri dan Metode Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep IPS dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi Eksperimen Kuasi di Kelas VII SMP Negeri 2 Menes – Pandeglang). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 8–17.
Ajzen, I. (2012). The theory of planned behavior. In Handbook of Theories of Social Psychology, Volume 1 (p. 233). https://doi.org/10.4135/9781446249215.n22
Chasanah, AN dkk. 2020. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10 (2), Oktober 2020. Jambi: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jambi.
Dunn, L. S., Lewis-Kipkulei, P., & Bower, R. (2019). Metacognition of First Year Occupational Therapy Students: A Comparison of Entry-Level Degrees. Journal of Occupational. Erfan, M.,
Maulyda, M. A., & Pajarungi, A. (2020). Identifikasi Level Kognitif pada Soal UjianAkhir Semester Gasal Kelas IV Identifikasi Level Kognitif pada Soal Ujian Akhi Semester Gasal Kelas IV Sekolah Dasar. 8 (March), 19–26.https://doi.org/10.13140/RG.2.2.22601.70242
Hidayat, YN, Wardono dan Ani Rusilowati.. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Synectics Berbantuan Schoology. PRISMA 2, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang: Program Pascasarjana UNNES.
Luman, M., Van Meel, C. S., Oosterlaan, J., & Geurts, H. M. (2012). Reward and punishment sensitivity in children with ADHD: Validating the sensitivity to punishment and sensitivityto reward questionnaire for children (SPSRQ-C). Journal of Abnormal Child Psychology,5(3), 56–78. https://doi.org/10.1007/s10802-011-9547-x
Medová, J., Rybanský, Ľ., Naštická, Z., & Páleníková, K. (2017). Error Analysis of Undergraduate Students’ Solutions of Graph Algorithm Problem. Eric, 3(2), 209–215
NCTM 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM OECD. 2016. PISA 2015 Results (volume I): excellence and equity in ducation. Paris: OECD Publishing
Sari, RHN. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Setiawan,
Beni dan Olenggius Jiran Dores. 2019. Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa Melalui Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Metakognisi. J-Pimat Vol. 1 No.2, November 2019. Sengkuang: STKIP Persada Katulistiwa.
Soliemanifar, Behroozi, & Moghaddam, S. (2015). Role of Personality Traits, Learning Styles and Metacognition in Predicting Critical Thinking of Undergraduate Students. Bimonthly of Education Strategies in Medical Sciences, 8(1), 59–67.
The Literacy and Numeracy Secretariat. 2009. Capacity Building Series. Ontario: The Literacy and Numeracy Secretariat. (Online), (http://edu.gov.on.ca/eng/literacynumeracy/inspire/html), diakses 16 Februari 2021.
Tzohar-Rozen, M., & Kramarski, B. (2014). Metacognition, Motivation and Emotions: Contribution of Self-Regulated Learning to Solving Mathematical Problems. Global Education Review, 1(4), 76–95.
Wahyuningsih, P dan St. Budi Waluya. 2017. Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Metakognisi Siswa pada Pembelajaran CMP Berbantuan Onenote Class Notebook. Unnes Journal of Mathematics Education Research, UJMER 6 (1) (2017) 1 – 29. Semarang: Prodi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang