Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Tenun Masyarakat Desa Lamaksenulu

Main Article Content

Estevania Ferrer Mendoca
Hermina Disnawati
Sulasri Suddin

Abstract

Etnomatematika merupakan salah satu cara pembelajaran matematika yang menghubungkan kebiasaan adat lokal dalam pembelajaran matematika. Dengan etnomatematika pengetahuan belajar matematika dapat dikembangkan melalui praktek budaya. Oleh karena itu, peserta didik diharapkan agar mampu memahami keterkaitan budaya dengan matematika. Salah satu objek etnomatematika adalah kain tenun. Kain tenun yang dimiliki setiap daerah bermacam-macam. Begitu juga dengan motif kain tenun masyarakat Desa Lamaksenulu dari daerah Belu, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk matematika apa saja yang ada pada kain tenun masyarakat Desa Lamaksenulu dari daerah Belu, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif agar dapat menyajikan informasi tentang keterkaitan matematika dan budaya. Dari hasil penelitian yang didapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kain tenun masyarakat Desa Lamaksenulu dengan matematika yaitu konsep bangun datar berbentuk seperti segi enam, belah ketupat, titik dan garis yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran khususnya untuk siswa SMP dengan materi konsep bangun datar.

Article Details

How to Cite
Mendoca, E., Disnawati, H., & Suddin, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Tenun Masyarakat Desa Lamaksenulu. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(3), 123-131. https://doi.org/10.32938/jipm.6.3.2021.123-131
Section
Articles

References

Astuti, S. (2019). Eskplorasi Etnomatematika Kain Ulos Batak Toba Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Konsep Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 45-50.

Avelia, L. T., Nugraheni, F. A., & Palma. D. I. (2019). Etnomatematika Pada Kain Tapis Lampung Motif Pucuk Rebung. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 1, pp. 373-382).

Bili, F. M., Sujadi, A. A., & Arigiyati, T. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika pada Motif Kain Tenun Sumba Barat Daya. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 115-124.

Creswell, J. W. 2012. Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. New Jersey: Person Education, Inc.

Doli, MSa’oS. & Mei, A. 2018. Eksplorasi Matematika Symbol Geometri pada Tenun Lawo Nggela Leo. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-9.

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14-23.

Hasratuddin, H. & Mujib, A. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Kain Tenun Masyarakat Melayu Kota Tebing Tinggi. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 64-71.

Juano, A. & Jediut, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika dan Hubungannya dengan Konsep Geometri pada Matematika Sekolah Dasar dalam Budaya Masyarakat Manggarai. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 11(2), 270-278.

Mahuda, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Lebak Dilihat Dari Sisi Nilai Filosofi dan Konsep Matematis. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(1), 29-38.

Padafing A, (2019). Eksplorasi Etnomatematika dalam Moko dan Kain Tenun Motif Kui pada Kebudayaan Masyarakat Alor Suku Abui. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(1), 1-8.

Rahayu, A. P., Snae, M., & Bani. S, (2020). Etnomatematika Pada Kain Tenun Lipa Kaet. MEGA:Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 16-24.

Son, A. L. (2017). Study Ethnomatematics: Pengungkapan Konsep Matematika dan Karakter Siswa pada Permainan Kelereng Masyarakat Suku Dawan. Journal of Medives, 1(2), 100-110.

Syahriannur, S. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Kain Songket Minang Kabau Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Konsep Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 58-63.

Tibo, D. B. S. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Menenun (Teun) Masyarakat Insana Utara. [Skripsi]. Universitas Timor.

Ulum, B. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri untuk Sekolah Dasar pada Motif Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(2), 686-696.

Yudianto, E., Susanto, S., & Priciliya, S. (2020). Etnomatematika pada Batik Lukis Daun Singkong di Rumah Produksi Daweea Batik Bondowoso. Jurnal Elemen, 6(2), 199-210.