Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dengan Materi Himpunan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas VII SMP Satap Negeri Nian
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIIA SMP Satap Negeri Nian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Penelitian ini dilakukan di SMP Satap Negeri Nian tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan (plan), tindakan (act), pengamatan (observe) dan refleksi (reflect). Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Satap Negeri Nian yang berjumlah 21 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Teknik analisis data dengan menghitung rata – rata nilai observasi dengan menggategori tingkat kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan klasifikasi kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIIA SMP Satap Negeri Nian. Data hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I dan siklus II menggambarkan bahwa ada peningkatan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti dari siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang meningkat pada siklus II menjadi 16 orang. Persentase ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 61,90% meningkat sebesar 14,28% menjadi 76,19% pada siklus II.
Article Details
References
Finken, Marguerite, & Ennis, R. H., (1993). Illinosis Critical Thinking Essay Test. University of Illinois: Champaign.
Greenstein L, A. 2Ist C. S. . . G. to E. M. and A. L. U. S. of A. : S. P. (2012). Assesing 2Ist Century Skils .A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. United State of America : SAGE Publication. 43–50.
Hapsari, R., & Djumali, M. P. (2019). … Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pembelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 8. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/71040
Hapsari, P. D., Kehi, Y. J., & Jati, S. P. (2020, June). The Effectiveness of Problem-Based Learning Model Nuances with Ethnomatematics Nuances to Improve the Critical Thinking Ability. International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019) (pp. 740-744). Atlantis Press.
Ibrahim, S., & Putera, T. (2010). Trianto , Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep , Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan , ( Jakarta , Kencana Prenada Group , 2010 ) cet ke-2 . hlm . 16. 2007, 2008–2009.
Istiani, N., K., H. D., & Sulasmono, B. S. (2013). Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri I Pabelan Kecamatan Pabelan Kab. Semarang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Satya Widya, 29(1), 53. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p53-57
Khairani, K., Amry, Z., & Harahap, R. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 85. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/135
Kurniati, Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Herman, T. (2018). Mathematical Critical Thinking Ability. Journal of Educational Experts, 1(2), 69–80. http://journal.kopertis-4.org/index.php/jee/article/view/10
Rini, yulia eka. (2016). efektifitas penerapan metode pembelajaran jigsaw dan numbered head together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan variabel moderator motivasi belajaran (pp. 5–24).
Rachmedita, V., Risma, M., & Sinaga, P., (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Strategi Active Sharing Knowledge.
Zativalen, O., Hasanah, M., & Sulthon, S. (2016). Pengaruh Metode Number Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sdn Dinoyo 2 Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 855–860.