Hipotesis Lintasan Belajar Matematika Siswa Dengan PendekatanPendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Maubeli Tahun Ajaran 2019/2020

Main Article Content

Anita Liu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahmenghasilkan lintasan belajar siswa (HLB), mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) kelas VII A SMP Negeri Maubeli. Hasil belajar matematika siswa kelas VII A SMP Negeri Maubeli masih rendah, diduga rendahnya hasil belajar disebabkan kurangnya inovasi atau metode mengajar yang tepat, sehingga guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan guru menjadi pusat dari seluruh kegiatan belajar mengajar di kelas. Jenis penelitian  adalah penelitian kualitatif dengan metode design research melalui tahap pilot experiment dan teachingexperiment.Pilot experiment melibatkan 6 orang siswa, dan teaching experiment melibatkan 22 orang siswa. Dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan kartu positif negatif meliputi 4 tahap aktifitas yaitu :  pengenalan dan penjelasan penggunaan kartu positif negatif, pengerjaan LKS, analisis dan menyimpulkan informasi, dan penyampaian hasil kerja siswa.  Hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan PMRI penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan kartu positif negatif efektif dan praktis, karena memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu 72.

Article Details

How to Cite
Liu, A. (2020). Hipotesis Lintasan Belajar Matematika Siswa Dengan PendekatanPendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Maubeli Tahun Ajaran 2019/2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(1), 9–15. https://doi.org/10.32938/jipm.4.1.2019.9-15
Section
Articles