UPAYA MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL ) PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI KOTA BARU TAHUN AJARAN 2020/2021

Main Article Content

Ape Gusti Taneo
Stanislaus Amsikan
Kondradus Y. Klau

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri Kota Baru Tahun Ajaran 2020/2021 dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi himpunan di kelas VII  SMP Negeri Kota Baru. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa/i  kelas VIIA  SMP Negeri  Kota Baru pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian dilakukan dalam dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi (2) tes tertulis. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning  (CTL)  dapat meningkatakan hasil belajar siswa SMP Negeri Kota Baru. Hal ini dilihat dari ketuntasan belajar siswa dari siklus I 33,33% dan pada siklus II 75,00%.  Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning  (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


 


 

Article Details

How to Cite
Taneo, A., Amsikan, S., & Klau, K. (2021). UPAYA MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL ) PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI KOTA BARU TAHUN AJARAN 2020/2021. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 26-30. https://doi.org/10.32938/jipm.6.1.2021.26-30
Section
Articles

References

Aunnurahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Sujinal. 2016. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Melihat Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Semester Awal Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA. Vol.2, No.2, Desember 2016.

Fathurohman, Muhammad dkk. 2012. Belajar dan Pembelajaran. tYogyakarta:Teras.

Hasibuan, H. M. I. 2014. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Leraning). Logaritma. Vol.II, No.02221 Januari 2014

Marina, dan Sucianti, Indah. 2018. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Palu. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 1, No. 1, November 2018, hlm. 44-52.

Panjaitan, D.J. 2016. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Statistika.Vol.1 No.1 April, Th.2016.

Siswanto, B.T. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume 6, No.1 Februari 2016 (111-120).

Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukiman. 2013. Pengembangan Sistem Evaluasi.Yogyakarta: Insani Madani.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif (Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.